Kartinian di Yogya

Tahun ini perayaan hari lahir Kartini betul-betul semarak, tak terkecuali di sekolah Jessie. Menurut guru catwalk nya Jessie, hampir setiap sekolah mengadakan Kartinian, anak-anak diminta memakai baju daerah, lalu ada lomba macam-macam yang mencerminkan dunia anak. Menurutnya juga, tahun ini salon-salon laris manis. Ada yang menghias 50 anak, ada yang menghias 60 anak, padahal hampir semua acara dimulai pk 08.00. Bayangin, mau bangun jam berapa tuh anak-anak? Ngantuk-ngantuk disuruh mandi, terus ke salon. Lalu kapan makan paginya? Apa bisa makan sambil nunggu giliran didandanin? Yang lebih ‘menderita’ lagi tentu maminya. Andaikata anaknya bangun jam 4 pagi, pastinya mami-mami bangun kurang dari jam 4 dong? Sebagai orang yang suka bangun pagi, ngeri juga ngebayanginnya. Aku kan bangun pagi buat ngeblog ato cuci underwear, kalo ini bangun pagi buat siap-siap dan pergi ke salon. Iya kalo bisa stir, kalo mengandalkan suami? Repot deh seisi rumah, termasuk bapaknya kali ya...

Lain lagi kisah sewa menyewa baju daerah. Untungnya Jessie udah dapet, minjem dari sanggar tarinya Didik Nini Thowok. Sekalian sama guru catwalknya dan dandannya. Jadi nggak repot ke sana ke sini. Waktu nyari sewaan baju buat anak laki-lakinya temenku, kami ke salah satu salon di sini. Wiih...., ngantri deh ortu yang mau nyewain. Terus iseng-iseng aku teliti bajunya. Ups, bau apek! Waduh, bayarnya mahal, masih ketambahan bau apek. Bonus, bonus. Lalu, sore ini aku ketemu seorang nenek yang harus beli baju buat cucunya di pasar. Sekadar info aja, yang disebut pasar itu adalah Pasar Beringharjo. Pasar segede itu aja sampe keabisan baju daerah. Mungkin karena salon-salon udah keabisan, jadi terpaksa beli.

Wah, taon ini Kartinian meriah sekali. Mungkin karena tahun lalu Yogya tertimpa bencana alam, tahun ini baru ada dana untuk merayakan hari lahir Kartini. Diem-diem, duit keluar banyak juga buat Kartinian. Buat sewa baju atau beli, buat dandan, buat selop, buat ubo rampenya. Apalagi kayak Jessie gitu yang ikutan lomba modelling, tambah lagi biaya yang dikeluarkan.

Setaon sekali deh ngeliat anak-anak pake baju daerah warna-warni. Buat Jessie sih ini Kartinian yang kedua. Pertama kali masih KB B, masih ndut, lucu dan polos, nggak tahu ngapain harus pake baju daerah, dan gerah kena benang-benang emasnya baju. Sekarang waktu udah kelas 1 SD, tahu yang namanya dandan cantik, baju yang bagus, selop yang cantik, ditahan-tahan walau gatel make kebaya, etc, etc.

0 komentar: