Kurang Sabar

Pagi tadi, sepulang berburu tiket nonton gratis film Perancis, aku terjebak kemacetan di Jl. Magelang. Jalan utama rumahku ini memang akan menjadi distrik perdagangan tersibuk besok-besoknya. Kemacetan itu karena di Jamal ada truk Kubota mau masuk dan keluar dari pabrik. Namanya juga truk, ya nggak bisa lah sekali belok langsung jadi.

Tiba-tiba, ada semacam SUV baru berwarna hijau pucuk daun nyelip di belakang truk, padahal Satpamnya udah nyetopin semua kendaraan. Entah daya bayang ruangnya yang minus atau karena ketak sabarannya menunggu kemacetan itu selesai atau karena sebab-sebab lain, usahanya menyelip itu diteruskan. Alhasil, mobil barunya itu menghantam pembatas jalan....penyok deh bemper depan bawah.

Aku yang dari arah berlawanan sampe terkagum-kagum ngeliat usaha bapak ini nyelip. Sayang banget mobilnya baru tapi stylenya nyetir kayak sopir angkot. Dan, yang nyetir ini mending-mending masih muda dan terkenal berdarah panas, ini nggak, udah stw. Coba sabar dikit, kan nggak menodai mobil baru.

Dari sini aku kembali diingatkan supaya lebih bersabar dalam berlalu lintas, apalagi di Yogya, yang terkenal karena pengendara motornya seperti nyamuk: dari kiri bisa belok kanan tiba-tiba, atau kita udah kasih tanda mau belok kiri, teteup aja tuh motor nerabas dari belakang untuk arah lurus. Selain itu aku juga belajar bahwa gaya menyetir mencerminkan kepribadiannya. Gimana sih orang yang grusa-grusu bisa sabar menghadapi orang lain?

Pelajaran berharga hari ini.

0 komentar: