Membantu Pak Sampah

Di beberapa kota marak munculnya ‘outlet’ rosok, artinya outlet itu menerima barang-barang yang udah nggak kepake lagi. Kalau di jalan-jalan Yogya, mereka biasanya membawa rombong atau keranjang besar di motornya. Di perumahanku ini banyak yang suka lewat begitu. Kadang-kadang ada yang bawa mesin cuci yang udah butuuuut bener.

Itu sih kategori pemulung berduit. Pemulung yang gak punya duit dan hanya modal tenaga juga banyak. Kadang- kadang mereka ini suka mengesalkan hati, apalgi kalau sampe masuk ke halaman rumah, mengaduk-aduk sampah, lalu ngeloyor pergi begitu aja.

Sebenernya menjadi pemulung itu sedikit banyak berguna untuk mencegah global warming. Dengan adanya mereka, sampah-sampah plastik bisa diubah lagi menjadi barang yang bisa terpakai. Tapi jangan tanya kualitas barang kalo udah gitu.

Di rumah pun aku coba ngebantu pak sampah dengan memisahkan sampah kering dan sampah basah. Kalo lagi rajin botol-botol plastik bekas air mineral juga aku pisahkan di kantong sendiri, supaya nggak kecampur di satu tong sampah dengan sampah basah yang mengeluarkan aroma tak sedap. Menurut informanku, kemasan karton minuman itu juga masih laku. Jadi kalo abis minum susu Ultra atau teh kotak, aku masukkan di tempat sampah kering. Selaen itu kaleng susu, kaleng biskuit, botol UC, semua masuk tempat sampah kering.

Terus, aku nggak gampang buang kertas, karena untuk bikin kertas itu orang harus nebang pohon. Makanya kertas aku pisahin sendiri. Ada kalanya aku misahin kertas warna ama yang putih, karena ternyata fungsinya berbeda kalo udah masuk ke tempat rosok.

Bagian dunia yang ini yang terpinggirkan, tapi sebenarnya memperpanjang umur bumi. Buat ibu-ibu kayak aku gini, paling nggak bisa memudahkan kerja pak sampah dan ngajarin anak supaya mraktekkin cara mencegah global warming, nggak cuman dijadiin omongan doang.

0 komentar: