Membiasakan Anak

Konon, toilet training bisa mempengaruhi pola hidup anak selanjutnya. Itu sebabnya, anak yang masih ngompol sampe usia SD biasanya kurang mandiri. Jadi, toilet training itu penting dilakukan oleh orangtua. Kehadiran pampers yang memudahkan orangtua, disinyalir banyak pihak sebagai salah satu penyebab kegagalan toilet training. Anak dibiasakan tidak peka dengan tubuhnya yang menuntut pembuangan, orangtua atau pendamping jadi tidak peka melihat gelagat anak. Tapi, ada juga efek fisik lainnya, yaitu kaki yang membuka ketika berjalan, karena setiap hari kena pampers.

Kalo Jessie, oke sejak 7 bulan. Pertama sih susah ngerti waktunya dia pipis pas malem, jadi beberapa kali kecele waktu menggendongnya pipis malam. Mumpung masih available digendong, gendong terus sampe tau pasti kapan waktunya pee malam. Lama-lama, waktu dia udah bisa jalan, bangun sendiri kalo mau pee, ke pispotnya.

Nah, makin gedhe, makin susah ngajarin dia rutinitas pagi. Biasanya aku cuman ngomong, “Jess, mau pup nggak?” Ya iyalah, jawabannya pasti nggak. Dan, karena dia sudah besar di mataku, aku jadi kurang termotivasi membujuknya pup. Pikirku, kan dia udah tau sendiri. Lalu aku tersengat waktu ngobs sama misua. Katanya gini, “Lhah, anak itu kan perlu dikasih tahu berulang-ulang. Coba bandingin ama pola belajarnya. Jessie itu sama mami kan kayak lumba-lumba. Satu jalan ke sini, yang laen ikut.” Jadi, aku nyoba lagi pelan-pelan memotivasi dia supaya pup. Kadang-kadang kalo lagi rajin, aku dan dia sama-sama baca tentang tubuh manusia. Kadang- kadang dia ngeh kenapa harus pup kalo pagi. Tapi ada juga dia ngotot nggak mau pup.

Jadi aku mulai ngeliatin pola sarapannya, akhir-akhir ini aku minta dia minum susu. Kira-kira 20 menit sebelum pk 06.00, aku minta dia ‘nongkrong’. Biasanya sambil baca. Baru deh, kebiasaan itu tertanam. Ada kalanya dia complain juga, koq nggak mau pup tetep disuruh nongkrong. Tapi an order is an order, buktinya ususnya langsung terkondisi dan dia bisa pup. Nggak kebayang kalo pupnya cuman kadang-kadang, berarti anakku bawa-bawa ampas di dalam badannya.

Jadi membiasakan, pembiasaan sampai jadi kebiasaan kali menjadi pola yang sip buat mendidik Jessie. Kalo suatu waktu dia keluar kota tanpa aku, kan rutinitasnya yang menjadi pengingat. Aku aja yang musti tetep rajin membiasakan anak untuk melakukan hal-hal yang berguna. Dan musti aku akui kalo itu sulit, he…he…he…

2 komentar:

fanvin said...

wah salut banget ama cik ian, disiplin tinggi, urusan pup bisa dijadwal yah :), aku lagi fight nih, spy anak2 jg bisa mandiri, terutama urusan sekolah, pake acara eyel2an dulu..pegel deee

Mariani Sutanto said...

Kata misua aku orangnya prosedural, he...he...he...