Jogja Java Carnival

Udah lama kepengen nonton acara-acara di Jogja Java Carnival, baru kemaren malam keturutan.

Mula-mula sih aku cuman liat pemberitahuan di Kompas, kalau malam kemarin ada pertunjukan seni di museum Ullen Sentalu, Kaliurang. Setelah misua setuju, baru deh aku ngerancang pergi ke sana.

Nggak nyangka, acara ini banyak sekali pengunjungnya. Kali sama dengan aku yang salah satu alasan ke sananya adalah karena acara ini gratis, ha…ha…ha… . Soalnya jalanan ke Kaliurang sepiii…., gelaaap… dan sunyi! Semalem jadi raja jalanan, soalnya nggak ada kendaraan laen. Mulai tau kalo acara ini banyak peminatnya adalah karena di gerbang masuk Kaliurang ada penjaganya. Biasanya sore juga udah tutup.

Pertunjukan seni itu jenisnya tarian. Tapi yang bikin Jessie demen itu musik perkusinya. Emang sih kita nggak ngerti banyak, soalnya perkusi sesuatu yang baru dalam ranah jiwa keluarga kami. Hanya saja, semangat group itu bermain, keindahan perpaduan bunyi drum, tifa, bonang gamelan, xylophone kayu, gong dan tetabuhan lainnya bikin badan mau goyang rasanya! Lebih-lebih waktu tiba-tiba dari perpaduan itu terdengar lagu Cingcangkeling, nggak lama kemudian Sinanggar Tulo! Wah, asyik banget deh.

Tarian dari Jepang juga lucu dan amat komunikatif. Tari ini memadukan balet dan kebiasaan hidup di Jepang. Group dari Malaysia membawakan musik gurindam. Jujur aja, ini yang paling nggak bisa dingertiin, dicoba aja dinikmati. Berhubung udah pk 22.30, kita cabut deh dari Kaliurang.

Secara umum semua performance bagus. Yang kurang bagus itu MC nya. Nggak kreatif sama sekali. Sepanjang acara cuman ngomong tari ini dari mana, grup musik ini dari mana, penyelenggaranya siapa. Kan harusnya MC itu membawa penonton mengerti keunikan masing-masing performer. Di banyak acara international, bagian MC ini yang sering disepelekan kehadirannya. Dianggepnya udah dikasih tau susunan acaranya, bisa jalan sendiri. Kalo pas dipegang oleh orang yang kreatif, bisa bagus. Tapi kalo orangnya nggak bisa ngembangin, jadinya tawar.

Pulangnya aku nyetir sambil ngantuk-ngantuk. Minta misua nyariin circle K. Dari Kaliurang, baru ketemu di km 7. Itu sih udah deket rumah deh. Pelan-pelan akhirnya kita nyampe deh.

2 komentar:

Anonymous said...

ndak ada fotonya yaa..

apakabar, mbak?
salam buat keluarga juga.

Mariani Sutanto said...

Hei Mbak..., udah lama sekali nggak keliatan. Iya nih, foto-foto belon diupload. Keluarga baik-baik juga kah? Ke Yogya lagi nggak?