Last Visit

7 Maret lalu menjadi tanggal bersejarah bagiku, soalnya inilah kali pertama aku bertekad nyetir sendiri sampai ke Kediri. Perjalanan terjauh yang pernah aku tempuh sebelumnya waktu nengok mahasiswa pra stage di Purwodadi Grobogan.

Berbekalkan pengalaman ke sana, yang aujudubillah mengagumkannya, kami berani ke Kediri. Cuman aku bilang sama Mama kalo kami bertiga naek kereta, nanti dari Kertosono nyambung pake taksi ke Kediri. Lhah, kalo bilang beneran dari awal, bakal ditelponin saban hari, ujung-ujungnya dilarang pergi. Sori ya Mom, kali ini diboongin, ha...ha...ha...

Yogya-Solo sih biasalah, karena itu perjalanan rutin. Di Solo kami makan di bakso kalilarangan yang ada di jalan menuju timur. Mengingat lalu lintas cukup padat, kami betul-betul berdoa supaya sampai dengan selamat di Kediri. Selesai makan siang, perjalanan diteruskan, dengan tekad berenti lagi kalo nyampe Caruban, di Sederhana.

Solo sampai selepas hutan jati perjalanan aman dan nyaman. Tapi, begitu terus ke daerah Caruban, buset deh tuh jalan! Aspalnya nggak rata, lobang dalem-dalem menyebar di badan jalan. Pernah sekali pas aku lagi lari dengan gigi 5, tiba-tiba ada lubang yang cukup dalam dan aku nggak bisa menghindarinya. Terpaksa deh nyebur ke lubang itu. Abis itu kedengeran bunyi tek..tek...tek..., begitu ada tempat minggir yang cukup luas aku berhenti. Misua yang turun liat bunyi apaan tuh. Nggak taunya bemper depan kiri rada mengsle, mungkin karena guncangan keras itu. Setelah itu aku nggak lagi lari kenceng-kenceng, bisa-bisa tinggal rangkanya aja kali begitu nyampe di Kediri.

Waktu sampe di Caruban, perut masih terasa kenyang, jadi nggak berhenti lagi, tancap terus sampe ke Kediri. Keanehan terjadi waktu mau keluar Nganjuk menuju Kediri. Aku kan biasa lewat jalan itu, bisa nyasar! Nggak tau gimana ceritanya, tau-tau kami ada di jalan desa. Udah diaspal halus sih jalannya, cuman kan serem karena hari mulai gelap. Kayak orang diputer-puter. Akhirnya keluar juga ke jalan utama.

Lega banget waktu liat gerbang "Selamat Datang di Kediri". Yogya-Kediri 7 jam, lama juga. Papaku sampe bingung waktu tau aku bawa si Mumun ke Kediri. Masa tinggal 20 taon di Kediri, sering bolak-balik, nggak pernah sekali pun nyetir sampe sini. Bukan Mariani deh, kalo yang begituan gak dicoba!

Jessie tidur sepanjang jalan setelah dari Solo. Dia baru bangun waktu mau keluar dari Nganjuk. Kali enak karena rasanya sama dengan setiran yang sehari-hari diketahuinya. Sempet ngeper juga aku waktu Jessie takut ke Kediri disetirin maminya. Dia takut terjadi tabrakan. Entah kenapa dua hari menjelang keberangkatan, hatinya jadi gembira lagi dan membayangkan big adventure to Kediri.

Jadilah ini perjalanan terakhir ke timur. Entah kapan lagi bisa ke timur hanya untuk berlibur.

2 komentar:

Unknown said...

masih untung berani nyetir sendiri kemana-mana..
aku kehilangan nyali blas pegang stir sekarang ! (how poor i am..!) padahal dulu kemana aja sih hayuuuk.. pernah punya pengalaman nyetir jam 11 malem, hujan angin gede banget sampai jalanan gak keliatan, dari pati ke jogja.. pas lewat kopi eva, jalan berliuk-liuk tapi hanya mengandalkan sorot lampu yang samar-samar keliatan...
tiba2 mak gedanduk !, ada mobil dari depan nyelonong salah jalur karena jarak pandang kira2 cuma semeter ! untung masih gesit ngerem sambil banting stir ke kiri... atiku entek Maar....

lha tapi sekarang ?? boro-boro...
*Heru bilang: "bekas sopir truk kok wedi nyetir ??" he he he...

Mariani Sutanto said...

Halo Rien, jumpa di blog. Kita mungkin tambah tua jadi segalanya terlihat membahayakan ya? Tapi suatu saat, ketrampilan begitu pasti menuntut untuk dimunculkan lagi, cobain deh....