Curhat

Kemarin sore tiba-tiba ada sms masuk. Teman baikku datang ke Yogya! Oh my goodness, it’s been 2 years kami nggak ketemu. Sms dan telepon sih jalan terus, tapi nggak pernah ketemu. Setelah makan malem, kita curhat deh abis-abisan. Sampe anakku ketiduran di ranjang kamarnya, karena kami lama berbicara. Dia memang sahabat keluarga.

Dari momen ini aku semakin yakin kalo curhat itu ada gunanya. Itu bukan sekadar istilah gaul buat ngomong heart to heart, tapi juga salah satu cara penyembuhan luka hati. Dengan curhat hati jadi plong. Nggak ada tuh ralat-ralatan atas isi curhat. Nggak juga perlu ditahan-tahan, karena dari ketercurahannya itu mengalir air kesembuhan. Kalo udah keluar semua ganjalan hati, baru deh dimulai penyembuhannya. Di tahap ini curhat harus disikapi hati-hati. Salah-salah memicu luapan endapan emosi sekian waktu lamanya!

Pengalaman bercurhat ini juga sedikit banyak juga bikin aku nggak jaim. Kata salah seorang temenku, mukaku tuh kayak orang saleh. He...he...he..., tapi aku seneng dibilang begitu. Karena keseringan, makanya aku betul-betul menjaim deh. Tapi, seiring pertambahan usia, nggak zamannya deh jaim-jaiman, apalagi kalo lagi curhat. Ya emang sih aku susah nangis, jadi kuciwa deh kalo ngarepin aku nangis pas curhat. Paling banter suaraku aja yang bergetar menahan emosi...., cie...., emosi nih ya, hm!

Temen curhat pertamaku, ya suamiku ini. Waktu itu sih belon ada istilah curhat, tapi udah melakukannya. Kali ini ya yang namanya on the job training? He....he...he...! Rasanya aman banget curhat ama dia. Nah, itu tuh pertama kalinya aku nangis, ampe sesenggukan. Makanya enak banget kalo bisa curhat sama pasangan hidup.

Balik ke temenku tadi, dia udah punya suami juga, yang juga kami kenal baik. Makanya aku bilang dia sahabat keluarga. Temenku selalu curhat sama aku dan suami.
Model begini nih yang seharusnya dikembangin zaman sekarang. Kalo mau curhat, terbuka sebagai anggota keluarga. Jadi sudut pandangnya lengkap, ada dari perempuan dan ada dari laki-laki.

Nah, gitu deh curhatku hari ini. Selamat berlibur....

0 komentar: