Sampai Kematian Memisahkan Kita

Seketika ruang gereja menjadi hening. Tak satu pun bunyi terdengar, ketika calon mempelai wanita terhenti di tengah jalan saat mengucapkan janji pernikahan. Ada keharuan yang membuncah di dalam hati saat mendengarnya dengan susah payah menyelesaikan janji itu hingga kalimat “sampai kematian memisahkan kita.”

Di tengah zaman yang sangat permisif, mendengar janji seperti itu diucapkan oleh sepasang mempelai, benar-benar menghibur. Siapa bilang hanya dengan mengucapkan janji, pernikahan akan berjalan mulus? Kalau itu terjadi, pastilah ada di negeri dongeng. Di dunia nyata, pernikahan selalu menjumpai halangan. Kadang-kadang ada yang besar dan terlihat jelas, sehingga pasutri bersatu menghadapinya. Tapi banyak juga kerikil-kerikil tajam yang tak segera nampak dan membawa luka di hati masing-masing. Yang keik gini yang membahayakan. Janji bahwa masing-masing akan setia di kala sehat atau sakit, senang atau susah dan berkelimpahan atau berkekurangan, akan berkali-kali diuji.

Peneguhan dan pemberkatan nikah yang aku hadiri kemarin menunjukkan bahwa waktu memang cepat berlalu. Belum lama rasanya saat aku jumpa pertama kali dengan mempelai wanita, Altruicia Idylle Bogar. Sekarang aku juga menyaksikan pernikahannya. Waktu mahasiswa sering terdengar guyonan, kalau pilih pasangan harus yang seiman. Rupanya guyonannya jadi beneran, soalnya Al bersatu dengan orang lain bangsa, yang penting seiman. Bravo Al!

Acaranya sangat bersahaja, dan meriah dengan tawa. Keharuan cuman boleh mampir sebentar, soalnya ini hari bahagia, jadi senyum doang yang boleh tinggal lama-lama. Apalagi pendeta yang melayani juga kocak. Siapa lagi kalau bukan Pdt. Paulus Lie? Jadi, acara kemarin betul-betul sip. Jadi lupa deh kalo nitipin anak di rumah Lennot, he...he...he..., berasa muda lagi.

Congratulations to Al and Tim, 16 Desember 2006.

4 komentar:

Anonymous said...

Congratulation kak Al,

-aing-

Anonymous said...

Waahhh slamat juga buat temannya Ian :)..semoga langgeng teruussss ;)...Adik gw juga baru selesai ngucapin janji mereka di penikahan catatan sipil 19 December kemaren :)...

Oh yea say, Met Natal and taon baru ya buat kalian sekeluarga. Tuhan Yesus memberkati :)... skarang ajah ngucapinnya, takut besok besok sibuk ame Natalan jadi telaaat deh ;)...

XXX Shierly
http://www.freewebs.com/shierlynet/homepage.html

Mariani Sutanto said...

Moga-moga Al baca ya Ing. Kamu udah duluan ya ama Adji, atau mau nyusul?

Mariani Sutanto said...

Hai Shier, selamat natal juga ya? Semoga detik-detik menuju 2007 berkesan bersama keluarga.