Kaleidoskop

Keiknya udah lamaaa sekali gak pernah buka blog. Maklum, setelah Jessie selesai UAS, dunia rasanya lonjak-lonjak. Buat sekadar inget-inget, ini kaleidoskop miniku dari pertengahan Desember lalu:

19 Desember: antar anak natalan di sekolah. Di tengah hiruk pikuk suara tawa anak, kongsiku memberitahu kalau listrik mati. Akibatnya jahitan kaos yang 250 potong tak bakal terpenuhi. Aku mengupayakan genset dari Pak Surjatmojo, berhasil. Seharian itu kejer-kejeran sama waktu menyelesaikan order. Sebelum ciao ke Jakarta, aku ambil kain untuk order kaos 40 potong.

Natal kali ini Jessie nyanyi bersama dua orang temannya. Guru vokalnya menamakan mereka Trio Angel. Heran tuh bocah, berani banget yak, gak kayak emak bapaknya waktu seumuran dia. Maklum, namanya juga anak zaman teknologi.

19 Desember malam, berangkat ke Jakarta naik kereta api bisnis. Jessie aku pakein pampers, dan betul-betul aku tekankan supaya pipisnya di pampers aja. Tau sendiri kan betapa mewahnya kamar kecil di jaringan kereta kita? Oya, ini barengan temenku yang bawa tiga orang anaknya. Ceritanya dua ibu bawa anak-anaknya men ke dufan. Pengalaman paling seru di usia 40 ini adalah naik halilintar ngawal dua anak temenku yang sedang memasuki usia remaja.Wah, gak nyangka kalo aku masih berani.Pertama kali naik waktu aku umur 21 tahun, masih mahasiswa, lagi bengal-bengalnya. 19 tahun kemudian, aku naik lagi. Udah ibu-ibu, tapi ternyata masih berjiwa muda, asal nggak kekanak-kanakan azza!

21 Desember malam pulang dari Jakarta dengan kereta bisnis yang sama. Sepanjang jalan kami tertidur kelelahan. Senangnya waktu pukul 4.30 kami memasuki kembali daerah Yogya, disambut dengan nyanyian Bang SMS dari sepasang bencis. Dengan mata masih berat, Jessie ikut bersenandung, hm!

22 Desember istirahat di rumah sambil beres-beres, soalnya nyak bokap mau liburan ke Yogya terus ke Semarang.

23 Desember di rumah juga, nungguin nyak bokap dateng. Jessie banyak dapet hadiah Natal. 23 malem kita buka kado sambil foto sama nyak bokap. Tahun lalu mertuaku yang di sini, tahun ini ortuku. Bagus juga kalo diabadikan, semasih waktu masih mengizinkan.

24 Desember pagi berangkat ke Semarang. Adeku berangkat dari Jakarta 23 malam, kita ketemuan di Semarang. Begitu nyampe, anak-anak jalan-jalan di mal, orang gedhe berpetualang nyari gang Lombok. Buset deh tuh gang, rame banget, mana ada wedang kacang kesukaanku lagi. Nongkronglah kami di sana setengah hari. Coba bakmi, coba lumpia, coba es campur. Malamnya balik lagi ke sana, tapi ke sebelah gang di warung semawis. Ini lebih seru lagi. Sepanjang gang, makanan melulu. Cari apa juga ada, dari es puter conglik, sampe soto ayam. Lupain diet deh, mana tahan liat makanan banyak?

25 Desember kita ke kelenteng Sam Poo Kong. Wah, gak tahan nyium bau dupanya, akhirnya aku nemenin Mama yang gak kuat jalan jauh. Kita foto rame-rame dengan latar belakang kelenteng itu. Ada lilin setinggi semeter, harganya satu juta. Ada aja yang beli. Waktu di kelenteng, ketemu rombongan kacang dua kelinci. Yang bikin ngiler, mereka semua pake kaos seragam! Bukan hanya karyawannya, tapi keluarganya sampe anak-anaknya. Gampang lagi model dan kainnya. Kapan ya dapet order segitu banyaknya?

26 Desember kita pulang masing-masing. Adikku kembali ke Jakarta, mau mampir di Guci Tegal. Nyak bokap ke Kediri lewat atas. Kami bertiga naik Joglo Semar ke Yogya. Disambut hujan begitu turun di depan gang rumah. Makan di Bagelen, terus naik becak ke rumah. Baru sekali ini aku rela bayar 5000 perak untuk jarak yang begitu deket, abis ujannya deras sekali sih.

27 Desember – 30 Desember di rumah. 30 Desember siang maen ke rumah Lennot, ngembaliin novel dan ngerayain ultahnya yang ke 34. Maen di sana dengan Hany, itung-itung sekalian ‘nganterin’, soalnya dia bakal ke negeri singa seminggu.

0 komentar: