Karena Ngobrol

Pas lagi di jalan ke tukang sablon, ada yang telpon aku. Untunglah ada fasilitas loudspeaker di hp, jadi sambil nyetir ngobrol sana-sini. Nah, ini nih untungnya ngobrol. Tiba-tiba dia nanya, “Kaos yang aku pake sama yang temen kita pake itu koq jadi kaosnya tukang parkir dan OB di sekolahan? Itu kamu yang bikin kan? Temen kita bilang koq warna kaos kita dikasihin sama mereka.” Aku kaget, karena nggak pernah sekolahan bikin kaos sama aku.

Langsung aku jelasin dan baru deh terbuka dan jelas diketahui siapa yang bikin tuh kaos. Pada prinsipnya aku ini bukan orang bisnis, yang biasanya gampang sekali berkilah supaya dagangannya laku. Kalo aku sampe terjun di bisnis ini berarti memang itu jalan darurat supaya asap dapur tetep ngebul.

Ada beberapa prinsip yang aku pegang erat-erat: memperhatikan pelanggan, menjalin komunikasi terbuka, bertanggung jawab, jujur dan memperhatikan kepentingan pasar.

Memperhatikan pelanggan itu berarti nggak akan aku bertindak yang menyebabkan pelanggan malu. Misalnya disainnya disamakan dengan disain dan warna kaos pak sampah ato pak bon. Memang sih, pasar bebas. Kalo baju yang kita pake bagus, orang laen kan pasti mau niru. Aku sih cuma menjaga tenggang rasa aja, jadi jangan nawarin disain dan warna ke lintas kalangan, apalagi warna yang spesifik, bukan warna-warna umum dan primer.

Menjalin komunikasi terbuka artinya kalo ada yang pesen sama aku, hotline di hp jalan terus, perubahan ini dan it uterus diantisipasi. Aku juga berharap ada keterbukaan kalo hasil kerjaku kurang oke.

Bertanggung jawab itu artinya, kalo sampe warna kaos atau spec kaos lain dari yang sudah disepakati, aku akan menggantinya. Termasuk kalo ada border atau sablon yang rusak.

Jujur itu yah is jujur. Nggak bakalan ukuran kaos dicolong barang sesenti dua supaya aku bisa dapet lebihan bahan yang banyak. Terus, aku punya prinsip kalo aku nggak bisa, lebih bae ngaku aja, daripada karena mau untung malah ngerusak hubungan dengan teman. Pernah nih aku sepi order, terus nawarin ke salah satu kawan. Disain kaosnya bagus, tapi dari sekian tukang sablon yang aku hubungi, nggak ada yang mau ngerjain. Langsung aku tulis permintaan maaf kalo pesanannya nggak bisa aku terima. Naif sih, tapi daripada salah?

Memperhatikan kepentingan pasar itu artinya aku nggak mau ngejatuhin harga semata-mata supaya orang pesan sama aku. Ada di sini yang suka begitu, aku juga pernah kehilangan pelanggan karena dia, tapi aku tenang-tenang aja. Tau-tau mantan pelangganku balik ke aku karena kaos yang dipesan dengan harga lebih murah itu ternyata kualitas kaonya buruk sekali. Dia mau pesan sama aku lagi dengan harga yang sama murahnya ke kompetitorku, terpaksalah aku tolak. Mungkin karena ditekan harus murah, semua spec dikurangi, hasilnya udah bisa ketebak. Kalo aku, nggak mau kayak gitu, soalnya ini lifetime dan butuh kepercayaan orang laen.

Begitulah, bisnis emang musti kuat iman, kalo nggak sama aja sama yang laen, yang nggak tau dan kenal nilai-nilai kekekalan. Kalo bisnis malah nyelakain orang laen, yah itu sih biasa. Bisnis itu kalo bisa jadi berkat buat orang laen, itu baru sip!

0 komentar: