Eksplorasi Selatan Yogya

Kalo Yogya bakal dipenuhin ama toko dan mall, suatu saat aku akan mencapai titik bosan seperti sekarang ini. Kayaknya kalo udah Jumat, puyen juga mikirin mau ke mana lagi. Perlu lah refreshing sedikit, tapi bosen ke mall atau ke toko buku. Sehari-hari maenannya buku, masak jalan-jalan ngeliat buku lagi, yiekkk....

Akhirnya aku coba explore ke selatan Yogya. Daerah selatan dan barat Yogya ini lambat perkembangannya, karena relatif lebih panas dibanding utara dan timur Yogya. Kali juga karena di selatan dan barat jarang ada uni yang gedhe kayak UGM di utara atau UPN dan Atma Jaya di timur. Padahal, kalo mau ditelisik, banyak juga daerah yang bagus, kerajinan yang imut atau makanan yang enak di selatan. Bagian barat baru dijalani sedikit waktu nyari kerajianan agel.

Di selatan ini ada pantai Parangtritis, tapi udah males ke sana karena nggak ada yang berubah sejak bertahun-tahun tinggal di sini. Terakhir ke sana dua tahun lalu waktu antar adik ipar jalan-jalan ke sini. Rumah makannya juga nggak match seleranya sama aku, padahal kata artikel di sebuah koran nasional, resto itu sangat kondang. Nggak matchnya ya masalah rasa dan kebersihan tempat, hiii...udah banyak nyamuk, gelap lagi!

Nah, cuma bulan-bulan ini aku sering ke rumah Tembi. Udah sering dengar dan baca nama itu, tapi baru match sekarang, sejak Jessie ikut workshop kolase di sana. Kira-kira akhir Agustus aku balik lagi ke sana, kali ini lengkap sama si Bapak. Berangkat siang-siang sekitar pk 14.00, sampai sana ngemil dan menikmati slendro pelog. Abis itu, Jessie berenang deh sepuasnya sampe pk 17.30. Lalu kami dinner di sana. Baru selesai pk 19.30-an.

Minggu lalu aku diajak pemilik bengkelku ke daerah Bantul, nyamperin pengrajin batik Bantul. Kalau dari ajakannya, kayaknya tuh tempat deket. Nggak tahunya, blusak-blusuk, belak-belok, jauh juga. Tempat batik itu kecil, kira-kira seperempatnya Mirbat. Tapi jangan salah, isinya ciamik. Aku senang banget ketemu batik motif truntum tapi warna merah. Langsung deh aku beli 3 meter, buat kemejaku dan Jessie.

Hari Minggu kemarin aku samperin lagi tuh Bantul. Soalnya, waktu pulang dari berburu batik itu aku liat ada plang restoran yang bunyinya es kopyor. Wah...jarang tuh di sini. Jadi, kemarin kami ke resto itu. Beneran deh, es kopyornya mak nyus gitu pas digigit. Seakan aku bisa denger bunyi kruis-krius waktu kelapa dikunyah. Seperti bias, aku mesen yang tawar, gak pake campuran sirup, susu coklat atau gula pasir. Wah, siang-siang minum es kopyor, bikin otak gak gampang kepyur, ha...ha...ha...! Sotonya juga enak, modelnya kayak soto kadipiro , banyakan sayurannya daripada babatnya, malah sehat dan seger.

Dari situ, aku masuk ek Kasongan. Bukan buat belanja, cuman mau nunjukin tempat makan lele yang disukai banyak orang. Wah, tuh bilik udah dibangun sekarang. Pohon-pohon bambunya banyak yang ditebang, dibangun rumah. Lelenya ini digireng kering, terus dimakan dengan kuah santan kental yang di dalemnya ada kubis. Kalo aku sih pernah makan yang kayak gini waktu KKN, ampir setiap hari malah. Tapi, berhubung udah 40-an, santan terpaksa aku kurangin. Jadi, cukup tau aja warung lele di Kasongan.

Daripada balik lagi ke depan gerbang Kasongan, aku terusin aja jalannya. Tau-tau sampe di pemakaman Gunung Sempu. Aku ngelewatin makamnya Mas Janni, suaminya kongsiku, tapi gak berhenti. Terus.....akhirnya ngelewatin rumahnya Pak Joko Pekik, yang pernah dimuat di Kompas itu.

Wah, mengeksplorasi daerah Selatan, kayaknya nggak ada habisnya deh. Kapan-kapan eksplorasi ke barat ah...

0 komentar: