Kuciwa

Kemaren aku dan Jessie jalan-jalan sama temenku yang juga bawa anaknya. Anak kami ini sekelas di sekolahnya, jadi klop. Anak temenan sama anak, mbok temenan sama mboknya, he...he...he... Karena klop, kita jalan-jalannya ke Amplaz, yang katanya duia baru Yogya.Sekalian ngepel tuh mall, saking gedenya dan banyak toko yang bisa diinguk isinya.

Singkat cerita, temenku ini mau masukin kupon di Gramedia. Setiba di sana, ternyata ada acara menggambar bersama Einstein Kristiansen. Semangat betul deh tuh si Jessie. Langsung dia ngajak ngelihat, padahal kerumunan anak udah banyak banget. Dengan suaranya yang imut, dia berteriak, “Permisi...., permisi..., permisi.... .” Ibu-ibu yang pada berkerumun langsung pada kaget dan kasih jalan sama si nona kecil ini. Begitu dia dapet tempat duduk, aku masukin temennya juga. Kan kalo mereka anteng di depan si jago gambarnya Faber Castle, ibu-ibunya bisa leluasa lihta buku. Ok juga nih.

Sudah puas beli produk, dapet tanda tangannya, terus foto. Sambil nunggu giliran foto, ada kuis dari toko. Tiba-tiba Jessie nangis. Aku kaget, karena tadi kan lagi senang-senang ikut kuis.

“Kenapa nangis? Jessie masih pengen ikut kuisnya?”

“Mbaknya itu lho! Aku udah jawab, aku udah angkat tangan, dan aku udah panggil-panggil, tapi yang ditanya Cuma anak besar aja. Aku kan bisa!!!”

Kasihan deh ngeliatnya waktu itu. Sampe saat nulis ini, aku juga masih bingung, koq segitu kepukulnya nggak dapet kesempatan menjawab. Waktu aku ngomong-ngomong soal ini sama papinya, kami pikir Jessie belum bisa nerima kalo kuis itu rebutan hadiah dan sangat ditentukan oleh si mbak yang memandu acara. Pikir punya pikir, mungkin kebanggaannya dapet hadiah itu yang tiba-tiba direnggut, karena kesempatannya hilang. Mungkin bagi anak kecil, dapet hadiah dari sesuatu yang direbutin banyak orang, adalah sebuah prestasi. Apalagi buat Jessie yang jiwa kompetisinya sangat tinggi, pastilah remuk kalo nggak bisa jadi yang nomor satu.

Akhirnya waktu udah sampe di rumah, papinya menghibur dengan memaparkan fakta acara kuis. Jessie sih iya-iya aja, Cuma kecewanya tetep keliatan. Ini pelajaran hidup yang bagus buat Jessie. Kalo nggak ada peristiwa gini kan dia nggak bisa tahan banting nantinya. Emang sih, belajar di sekolah kehidupan jauh lebih susah tinimbang belajar di sekolah biasa.

2 komentar:

Anonymous said...

:) Mama Ian bijak banget. Pernah denger gifted children? Pernah test IQnya Jessie? Dia potential lho, as a gifted children...

Mariani Sutanto said...

Hai Dev, apa kabar? Nggak, aku nggak pernah tes Jessie dan nggak pernah kepikir kalo dia gifted. Kalo driven little girl, jelas banget. Aku jadi pengen ke klub tumbuh kembang anak nih. Besok-besok aku ke Sarjito atau ugm deh.

Alya gifted juga? Cerita-cerita ya, bisa buat referensi nantinya.