Ngepel ala Lenny

He...he...he..., sorry ya Len, namamu aku cantumkan sebagai judul posting. Abis, ternyata ngepel ala dirimu itu capek juga ya?!

Menurut banyak orang, dunia wanita itu ya rumahnya. Nguplek seharian ya di rumah itu. Apa kebanyakan baca pendapat orang yang seperti itu, jadi aku kemakan juga ya? Baru-baru ini aku mendapat pembagian keuntungan dari usaha kaosku,lumayanlah buat ibu rumah tangga. Begitu uang nyampe di tangan, aku langsung ngejadiin pesenan tukang membetulkan rumah yang terkena gempa. Temanku yang memandori lihat kerusakan apa aja yang perlu segera ditangani. Setelah didata, mulailah perbaikan itu.

Ternyata rusaknya banyak juga. Retak rambut yang nggak kelihatan ternya ada dua, di dekat tangga dan di kamar Jessie. Lalu harus memperbaiki list gypsum yang runtuh kemarin itu sepanjang 2,5 m. Belum lagi membersihkan dan mengecet balok penyangga. Dan terakhir membalik set meja makan kami. Tadinya berbentuk seperti warung. Sekarang lemarinya ditempel ke dinding. Ruangan jadi terlihat lebih lega, lebih terang dan lebih membuat betah.

Itu kalo semua udah selesai dan tertata rapi. Ini belum selesai. Yang bikin sebel itu debunya! Tapi bagus juga, jadi tiap hari setelah para tukang pulang, aku ngepel. Jumat kemarin aku dan Lenny serta kids jalan-jala ke pameran buku. Sampai di rumah pas tukangnya mau pulang. Lenny udah nggak betah deh ngerasain banyak debu di kakinya. Jadi tanpa sepengetahuanku, dia menyapu! Luar biasa deh teman yang satu ini, teman jalan-jalan tapi juga teman bersusah-susah memelihara rumah. Akhirnya dia nyapu, aku ngepel. Nah, pas ngepel itu Lenny ngeluarin jurusnya (ampuh, bo!), “Kalo gw ngepel aernya gonta-ganti, biar bersih ubinnya.” Nah, aku sih males deh gonta ganti air. Soalnya Sabtu besok masih ada tukang dateng.

Sesudah tukang pulang hari Sabtu, aku mempraktikkan ngepel ala Lenny itu. Wuih, ganti air sampe tiga kali, mana air bekas pel nya hitam-hitam. Buset deh, kotor sekali kalo ada perbaikan. Akhirnya rumah kami jadi bersih dan kinclong, he...he...he...! Yang nggak nguatin itu pegel di punggung abis ngepel. Itu udah pake gagang pel, apalagi melantai. Bisa gempor beneran. Mana da sih mau hasil bagus tanpa susah payah? Betul itu, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Artinya? Silakan mengingat-ingat peribahasa dalam pelajaran bahasa indonesia kelas 4 SDJ

3 komentar:

Lenny said...

Waduh bu gw jadi ngetop neh :D.
Tapi kayaknya ala ngepel gitu uda dari dulu deh, terbukti bersihkan? Kan gak usah gepel lage bsk, lumayan ngirit minyak gosok hehe..

Lenny said...

maksudnya klo ngepel gitu kan bersihnya lama, jd gak usah gepel tiap hari gito kan lumayan ngirit obat pel plus minyak gosok :P

Mariani Sutanto said...

He...he...he..., setau gw obat pel n minyak gosok kagak temenan.