Pertanyaan Pertama Tentang Kematian

Sore kemaren, waktu lagi makan malem bareng, tiba-tiba Jessie nangis sesenggukan. Mami en papinya ampe bingung, karena nggak ada sebab apa-apa tiba-tiba nangis. Lagi mellow kali yak.

Di antara isak tangisnya ia nanya begini, “Aku takut. Kalo papi mami meninggal, aku idup sama siapa?” Makin lama nangisnya makin keras. Akhirnya aku pangku deh sama sekalian dielus-elus punggungnya. Pertanyaannya diulang-ulang terus. Lalu aku bilang kalo papi maminya punya ade-ade dan temen-temen yang baik, yang bias ngejaga Jessie. Sama nyodorin fakta kalo ema dan engkongnya yang di Kediri juga masih ada walopun anaknya udah pada gede-gede. Juga papinya yang nggak apa-apa, walopun ditinggal mati engkongnya yang di Donggala. Pelan-pelan sesenggukannya mereda. Nangisnya ilang sama sekali waktu nonton kakak Sherina nyanyi di Trans TV.

Pagi tadi kami bedua nganalisa kenapa Jessie sampe begitu. Mungkin karena Sabtu sore itu diojok-ojok sama temenku supaya minta ade kembar, jadi punya temen. Lalu dia ngeliat temen baenya bias berbagi sama adenya. Lengkap deh nuansa kesepiannya. Kadang-kadang merasa bersalah juga kalo Jessie sampe begini, ngebayangin yang nggak-nggak, ditambah dengan kesendiriannya. Cuma memang pertanyaannya gak bias dianggep angin lalu, karena beberapa temenku yang cuma beda 3-7 taon di atasku juga udah pada meninggal. Semoga Tuhan menjagai kami bertiga, selamat sampai tujuan dan memperlengkapi kami bertiga dengan kasih dan kekuatan-Nya.

2 komentar:

Anonymous said...

alo mbak 'e.. :)
jd dag dig dug jg bacanya.
moga papa, mama n jessie berumur panjang. hingga jessie ngasih cucu. :)

kabar di sini.. baik.
iya. mulai diingiiinnnn... brrr..

Mariani Sutanto said...

Mbak, thanks atas doanya. Salam dari Jessie, katanya.