Mau Gimana Lagi?

Zaman susah semakin susah karena orang tak lagi peduli pada sesamanya. Lebih mumet lagi kalo mikirin negara tercinta ini, apalagi kalo sampe pada pertanyaan, “Apa sih yang bias aku lakukan untuk negara ini?” Segala hal yang muluk-muluk selama mahasiswa, lewaat…, udah kecapekan dulu ngeliat pahitnya kenyataan.

Aku jadi inget sama sepercik pemikiran yang aku lihat pertama kali kira-kira 9 taon lalu. Aku coba sih dalam kehidupanku, keik-keik gini bunyinya:

  1. Kalo beli barang-barang, sedapet mungkin membeli dari pasar ato kios-kios kecil.
  2. Kalo bisa sampah dipisah-pisah menjadi sampah kering dan sampah basah.
  3. Pake kertas jangan boros, kertas bekas masih bisa jadi amplop surat.
  4. Hemat air.
  5. Hemat listrik.

Nah, yang kadang-kadang melemahkan semanget itu kejadiannya begini:

  1. Kalo liat aku naek mobil, apalagi kalo platnya B, alias orang Jakarta, jadi deh dimahalin. Kebangetan lagi ngemahalinnya. Kan jadi kapok belanja di tempat-tempat tradisional. Mending ke supermarket, harganya pas dan nggak pake acara liat-liat plat mobil.
  2. Udah seneng nih di Yogya tempat sampah umum ada dua, untuk sampah basah dan sampah kering. Di rumah juga dipisahin yang sampah dapur (basah) sama sampah klering (plastic, kertas, kardus sabun, tube odol, tube shampoo, dll). Lhoh, di gerobal sampah keliling, setelah si pak sampah ngeliat ada nggak yang masih bisa dimanfaatin dari sampah kering, langsung dicampur deh jadi satu sama sampah yang basah. Aku cuma bisa geleng-geleng sambil mengelus dada.

Jadi gimana dong? Akhirnya aku mengambil sikap tengah. Aku mencoba kenal ama penjual-penjual kecil. Misalnya tukang sayur keliling, terus kios fotokopi di depan gang rumahku. Sambil juga ngecek harga di supermarket langganan. Jadi kalo harga kemahalan, bisa komplain ke si penjual. Sampe sekarang sih masih milih-milih ke kios kecil kalo cuma sekadar beli gula, penyedap rasa, ato garem. Yang belon berani itu beli beras di kios, nggak tau siklusnya, takut kebeli beras lama, kan gawat?

Ternyata pengetahuan dan kenyataan bisa berbanding terbalik. Walo susah dan kadang-kadang makan ati, aku coba nerapi pengetahuan di kenyataan. Itung-itung babat alas…!

0 komentar: