Inspiring Book

Aku kehabisan buku nih, ceritanya. Abis, toko buku pada tutp sih. Gramedia kan runtuh canopinya, jadi kira-kira akhir bulan baru buka. Plaza Ambarukmo, satu-satunya mall di Yogya yang punya toko buku (juga Gramedia), juga direnovasi sampai akhir bulan ini. Satu-satunya harapan tinggal Toga Mas, toko buku diskon itu, eee... aku lewat sana ... tutup juga. Bukan karena kena gempa, tapi karena stock opname. Jadi deh aku ngutak-ngutik buku yang ada di rak misuaku.

Ternyata ada satu buku yang tergeletak di nakas kami. Buku itu tampilannya nggak menarik. Cuma karena sampulnya berwarna merah, lalu ukurannya agak nggak lazim untuk ukuran buku zaman sekarang, aku ambil dan coba-coba baca. Pertamanya sih Cuma untuk pengantar tidur, nggak taunya malah nggak bisa tidur, karena tangan ini pengen langsung bikin outline buku! Ups, judulnya Creative Wisdom for Writers dari Roland Fishman. Judul Indonesianya “Menulis itu jenius.” Jangan ngebayangin bab yang panjang-panjang atau uraian yang cespleng, karena buku terbitan Tera ini cuma berisi kata-kata yang membangkitkan inspirasi. Salah satu misalnya, Ide yang melintas pertama kali dalam pikiranmu adalah sesuatu yang paling kuat (Bob Dylan), hal 57. Terlepas dari terjemahan yang agak amburadul dan kadang-kadang out of context, buku ini bener-bener membangkitkan inspirasi.

Alhasil, udah ada nih outlinenya, cuma masih belum pas. Semoga aja liburan ini bisa jadi sebuah tulisan yang membangun. O iya, thanks to Anita, di mana aja kamu berada. Anita ini salah satu pembaca bukuku yang selalu nanyain kapan buku keduaku terbit. Thanks ya Nit.

Yok ah, cuci piring.... cuci piring...:))

4 komentar:

Amey said...

iya neh gara2 ygy gempa...toko buku di pwt juga ga ada buku baru...katany bukunya suply dr gramedia ygy...
gue j uga keabisan bacaan..
BTW.. buku pertamanya judulnya apa?? novel or??

Anonymous said...

Ayokk dikeluarin ci, aku tunggu buku barunya.

Btw, buku peertamanya apa ci? *ketinggalan neh*

Mariani Sutanto said...

Buku pertamaku judulnya So What Gitu Lho?!, tentang perasaan minder, buku psikologi populer buat remaja. Sayang nih, masih gaptek, jadi kagak bisa ngup-load sampulnya di sini. Iya deh, mudah2an liburan ini rampung. Ciao...

Anonymous said...

ya ampuuunn...ternyata kamu penulis juga toh (maaappp...bener2 baru tahu)...pantes tulisannya di blog bagus :). Selamet ya, Ian..., sukses terus buat buku2nya... ;)