Kehabisan Waktu

Kalau dipikir-pikir, ngapain aja sih ibu rumah tangga itu kerjanya? Kadang-kadang ada ibu rumah tangga yang udah nerima aja kesehariannya, kayak orang udah nggak mau berkembang. Pasrah. Apa adanya.

Hari ini baru terasa. Ceritanya aku bersih-bersih rumah sambil momong anak. Akhirnya aku ngajak anakku juga mengerjakan semuanya. Mulai start pk 5.30, memilah-milah baju yang akan dicuci. Lalu merendamnya. Kebayang kan kalo biasa pake jasa laundry, terus laundrynya tutup akibat gempa, nah segunung deh tuh cucian. Tapi hari ini sih aku pilih yang urgent aja, misalnya baju-baju misua, soalnya bajunya dikit, paling males disuruh beli baju dan tiap hari sekarang harus ganti karena dari dapur umum.

Abis ngerendam baju, aku bikin sarapan bagi buat bertiga. Yang gampang aja kayak kentang goreng ama sosis, ternyata it takes time juga.

Akhirnya pk. 7.00 baru mulai cuci baju. Wah..., nggak kebayang kalo musti manual. Ini udah dibantu mesin aja masih kepayahan. Lupa, nona kecilku juga bantuin, walau dikit-dikit. Waktu mesinnya muterin baju-baju itu, aku nyuci sepatu si nona dan lap meja dan box plastik. Abis itu ngeluarin jemuran. Total waktu buat selesaikan itu semua adalah 2 jam.

Udah beres, aku masuk ke dalam, cuci piring dan masak beras. Abis itu cuci kamar mandi dan cuci bak mandi. Waduh, basah kuyup semua. Sekalian aja mandi pagi. Ups! Bukan deh, mandi siang tepatnya!

Makan siang baru pk 12.30, untunglah udah ada yang buat dimakan. Kalo nggak? Bisa gempor. Pk 13.00 tidur siang, menghimpun tenaga buat kegiatan sore. Bangun pk 14.30, langsung cuci piring bekas makan siang. He...he...he...he...., makan waktu dan rasanya kehabisan waktu buat ngerjain yang lain-lain.

Jadi nggak heran kalo akhirnya ibu rumah tangga pada doyan jalan, atau doyan ngerumpi buat ngilangin kejenuhan. Baru sekali ini nekunin pekerjaan ibu rumah tangga. Salah satu dosenku pernah bilang begini, “Ibu rumah tangga itu kalau seharian di rumah, mondar mandir ke sana ke mari, ternyata berjalan kurang lebih 30 km, kira-kira jarak Yogya Klaten.” Nah lho..., mau nyoba ngitung? Ngitung sendiri apa diitungin misua?

7 komentar:

Anonymous said...

hahahhaha postinganmu ada2 aja :). Untungnya sebagai ibu rumah tangga aku nggak sampe desperado milih ngerumpi dan jalan2 :). Waktu luangku saat Alya tidur mendingan jadi moderator sebuah milis parenting, saling berbagi ilmu dengan ibu2 yg lain :)

Anonymous said...

Bener cie, lama lama bete juga ngerjain pekerjaan RT. Jalan jalan yukkkk?!!! Enaknya kemana yah? umm.. ada ide? kekeke... *kompor mode ON*

Mariani Sutanto said...

Buat Devita,
Buset deh, itu sih mutu banget. Kalo aku lagi buka usaha kecil-kecilan, coan cia, ha...ha...ha.... Moderator milis boleh juga sih, cuman itu kan bisanya malam, padahal banyakan luangnya pas Jessie sekolah...:) Oya, komputer yang bisa buat internetan dibawa-bawa Khun, sore baru di rumah.

Mariani Sutanto said...

Dew, kita ke Babe Ili aja tuh yang di kebon sirih, pas nulis ini juga aku udah ngebayangin enaknya, ha...ha...ha.... O iya, nge link ke kamunya tunggu misuaku ya, aku nggak bisa ngerjainnya sendiri. Mau ngajarin?

Anonymous said...

hahaha...dasar aku udah tau sebelum kamu kasih tau. :p

Sini aku link sendiri aja. Imelin user ama pass kamu. Tapi klo berantakan jgn salahin aku yah. xixixi...

Amey said...

emang membosankan ya pekerjaan tetek bengek seperti itu hehehe

Anonymous said...

Aku juga lagi berpikir mau bisnis, nih...kalopun jd workingmom lagi, pengennya gak jauh dari rumah, maks <5km :).

Jd moderator juga aku jalanin pas Alya tidur siang lho...Apalagi kalo nanti dia TK, wuuihhh, waktu istirahatku tambah banyak...hehhehe.

Baca emailku deh, ceritanya lengkaps :)