Empty Nest

Biasanya istilah ini dikenakan kepada pasangan paruh baya yang kembali hanya tinggal berdua di rumah setelah anak-anak menikah atau berkarya sendiri. Cuma kali ini istilah itu aku adopsi untuk kami yang mengalami empty nest beberapa hari yang lalu.

Mulanya sih dari libur awal puasa. Tiba-tiba seorang temen bae ‘nantang’ Jessie, “Jess, lusa kan libur. Jessie mau nggak nginep di rumah Tante?” Tanpa pikir-pikir si nona kecil melonjak-lonjak sambil berteriak, “Mau... mau...mau ...!”

Waktu aku cerita ke papinya, cuma diingatkan kalo bangun malem-malem nggak ada mami, nggak boleh nangis. Langsung bola mata Nona membesar, rupanya dia baru kepikir kemungkinan itu. Tapi dia tetap mau nginap.

“Mom, nanti kalo sampe di rumah Tante Lenny jangan langsung ninggalin aku ya? Mami ngobrol-ngobrol dulu gitu,” pintanya. Itu tandanya Nona lagi waswas, tapi aku pura-pura nggak tahu aja. Bagiku ini pengalaman berharga dalam hidupnya, merasakan jauh dari orangtuanya. Lagipula aku percaya sama temenku itu, jadi she is in a good hand, good family. Kapan lagi dateng pengalaman nginep? Kan mau ikut konferensi anak kalo udah kelas 5 SD nanti, ha...ha...ha...

Singkat cerita dia jadi nginep. Pas papinya pulang, nggak ada suara ceria Nona, mulailah kami merasakan sepi yang aneh. Bayangin, enam tahun lebih rumah selalu terisi suaranya. Dari ketawa ngekek sampe nangis mendayu-dayu. Tiba-tiba suara itu lenyap. Langsung rumah yang segedhe gini kerasa lengang. Pikiran pas anak nggak ada, kami bisa nonton. Jadi pergilah kami ke Studio 21. Ternyata filmnya jelek-jelek, jadi surveylah kami di Amplaz sambil ngabisin waktu. Beda sekali rasanya ke Amplaz dengan dan tanpa Nona. Rasanya pengen cepet-cepet pulang aja, tapi kalo ada Nona waktukayaknya kurang banyak. Nah tuh! Di dalam perjalanan juga kami masing-masing terdiam. Baru deh terasa betapa sepinya hidup kalau salah satu orang tersayang pergi. Topik yang kami bicarakan juga terasa aneh, karena “api pembicaraan” seolah-olah terhisab tanpa bekas. Malam itu kami lewati berdua hingga pk 24.00, batas waktu yang aku tetepin. Kalo nggak ada telepon, berarti Nona oke-oke di sana.

Nginep sehari ternyata kurang, Jadi ditambah satu hari lagi. Di hari kedua ini papaku yang mencak-mencak. Waktu dia telepon, cucu ceriwisnya nggak kedengeran suaranya. Langsung deh keluar petuahnya, “Jangan dibiasain ya nginep-nginep. Nggak bae.” Kalo petuah begitu keluar, musti taat tuh kalo nggak bisa gawat, fiuh!

Malam minggu nonton extravaganza bedua doang, kayak orang bingung. Dulu pernah ngebayang-bayangin enaknya nonton tanpa ada gangguan suara anak kecil. Soalnya kalo malem minggu begitu, kadang-kadang guyonan di extra itu rada-rada menjurus. Pas melalui saat yang dulu begitu dirindukan, eh ternyata hambar!

Jadi empty nest betul kami dua hari ini. Banyak yang aku pelajari dengan nginapnya Nona di Tata Bumi. Satu, ternyata 70% perbincangan kami adalah di seputar kehidupan anak. Dua, lupa cara dan rasa kalo hanya tinggal berdua. Kayak mulai lagi dari awal. Tiga, harus menyediakan dan mengusahakan momen-momen di mana kami tidak kehilangan kesenangan. Empat, menjadikan peristiwa ini sebagai movement untuk menjadikan hari-hari lebih bermakna lagi.

Terakhir, thanks to Eko and fam yang menjamu Jessie dengan begitu baiknya, sampe mau tambah lagi jadi tiga hari nginepnya. Tapi karena petuah engkong dan papai mami yang eksepian, terpaksa deh dibatalin. God bless u Ko, Len , Joan dan Chaufan.

3 komentar:

Anonymous said...

hahaha...aku udah tau pas baca blognya Lenny cie. Aku sempet mikir anak siapa yah yg nginep di rumah Lenny? trus aku inget imel cici yg bilang klo temen deket cicie si Lenny, langsung deh aku nebak Jessie. xixixi....

Tapi enak kan??!! ciecie bisa hanimun sama Khun. :p~

Lenny said...

Hahaha...ternyata dikau kesepian toh, gw kira sedang asik2nya bikin gempa baru :p
Nah ketauan deh ternyata elo klo cuma ber-2 ama khun kayak org baru kenal, kagak bisa ngomong ape2, wah gawat tuh...klo gitu anak loe sering2 aja loe lokerin :D

Mariani Sutanto said...

Dew en Len,
Dikit lagi nama elo bedua bisa jadi Delon kalo digabungin..:))

Pengalaman sekali ngelokerin udah cukup. Emang hanimun terus, Dew, asik gitu duduk diem2 memandangi wajahnya. Mau dipraktekin ama Zen, Dew? Kalo Lenny sih kebalikan ya, elo yang sering dipandang diem-diem..:)

Iya Len, ntar selasa ya gw titipin lagi tapi sampe abis berenang aja, thanks be4.