Nama

“Haloo..., mami ada?”
“Ada. Ini dari siapa?”
“Dari Tante Ian.”
“Tunggu sebentar ya?”
Lalu terdengar teriakan Yoyo memanggil maminya.

Waktu mau tidur, ia bertanya kepada maminya, “Mam, Tante Ian itu siapa sih?”
“Itu lho, maminya Jessie,” jawab maminya.
“Koq bisa dipanggil Ian?”
”Ssst.... ceritanya panjang. Besok Mami ceritain, sekarang tidur dulu.”

He...he...he..., emang agak panjang ceritanya, sampe akhirnya nick nameku tuh Ian.

Waktu aku kuliah dulu, ada temen seangkatan yang namanya Marina dari Semarang. Kalo temen-temen memanggil “Mar”, kami berdua sama-sama menoleh. Terus salah satu teman, mengusulkan gimana kalo Marina tetep dipanggil Mar, aku dipanggil Ian, jadi nggak binun-binunin.

Sejak itulah aku dipanggil Ian. Aku sih seneng-seneng aza, yang protes itu mamaku. “Lho, koq jadi Ian sih. Itu sih kayak nama anak laki. Yang namanya juga Ian kan Ian Antono, rocker!” katanya dengan kesal.

Kalo yang baru kenal biasanya manggil aku, “Mar”. Kalo orang rumah manggil aku “Yaya”, soalnya dulu aku dibiasain menyebut diri saya. Tapi karena lidah kecilku belum mampu bilang saya, jadinya yaya, terus sampe sekarang. Mertuaku pertama-tama manggil aku Mar, lama-lama ikut ama anaknya Yaya.

Yang lucu lagi, temen baikku pertama kenal memanggil aku Mar. Lalu dia tau kalo nik nameku Ian. Sayangnya, suaminya juga namanya Jan, yang dibaca Yan. Sekarang, dia kalo manggil, “Maryanniii”. Aku suka godain, “Itu manggil namaku apa kangen sama misua?” Kasihannya anak bungsunya, kesulitan manggil namaku yang panjang begitu. Akhirnya dia manggil aku, “Tante Merrrriyani” Soalnya kalo dia panggil Tante Ian, nanti papinya yang nengok.

Kalo aku memperkenalkan diri kepada temen-temannya Jessie, “Tante Ian”. Jadi, kalo aku jemput Jessie dan ada anak yang dinakalin, gang nya Jessie rame-rame ngedatengin aku sambil berteriak, “Tante Ian...Tante Ian..., tadi si ... bla...bla...bla...”

Begitulah.

0 komentar: