Dari Siantar

Waktu aku ceramah untuk anak-anak baru fakultas teknik ugm, iseng-iseng aku tanya, “Menurut kalian, saya berasal dari mana?” Paling-paling jawabannya dari Jakarta, karena logat gak bisa ilang. Ternyata...

“Dari Manado, Kaak...”

“Dari Ambon”

“Dari Sunda”

“Dari Medan, Kakak”

“Ya betul. Pasti dari Medan, tepatnya dari Siantar!”

Nah lho! Orang yang kenal aku di sana senyam-senyum mendengar jawaban adik-adik tsb. Aku sendiri juga kaget, lhoh koq jadi begini ya? Apa logatku berubah dari yang dulu? Apa tekanan suaraku jadi mirip ama kawan-kawan dari Batak? Ha....ha...ha....

Ternyata, memang yang didengar orang berbeda dari apa yang kita maksudkan. Aku bisa bayangin salah paham kekacauan yang terjadi kalau orang dengan dua budaya berbeda terlibat percakapan, apalagi kalo dua-duanya sama-sama ngotot, wah!

Buat ngetes, kali aku perlu sekali-sekali ketemu ama yang bener-bener dari Siantar sana. Sebener-benernya, di mana sih tuh Siantar? Di dekat Medankah? Atau di dekat Danau Toba? Payah nih petanya, musti belajar lagi...

7 komentar:

Lenny said...

Horas bah!!! Kenapa pula kau kl ngeblog kayak kalong gitu, apa gak bisa tidur *logat batak mode-on* hahaha....

Mariani Sutanto said...

Haa..., itulah Dik, aku bukannya tak bisa tidur. Aku itu orang razzzinn sekali, bangun pagi, supaya rezekiku lancar...

Anonymous said...

*baca komen lenny* terus lihat jam posting Kak ian, ternyata jam tiga lebih ngepostnya...

LOL...jam segitu paling asyik buat tidur...tapi Kak asyik ngeblog...haiyooo ngapain subuh3?

Kalau aku bilang dari indo disini tidak ada yang percaya, di sangkanya aku dari RRC, atau HK atau Spore, habis ngak ada indo2nya dikit..:(

Lenny said...

rezeki macam apa yang kau maksud itu huahahaha...

Mariani Sutanto said...

Kebalikan dong ya sama aku. Soalnya aku hitachi, he...he...he..., posting fotomu dong? Zai jian...

Mariani Sutanto said...

Len, rezeki yang turun kayak ujan, abis nggak ujan-ujan sih, ha...ha...ha...

Anonymous said...

baca yg ketinggalan dibawah dulu tadi nih...

Duuhh kalo tau begitu ngga ngga mau marah marah lagi aahh gw..sayang kalo marah sedetik aje kehilangan 60 detik kebahagiaan :)...

Ups, sianter,,jangan tanya diriku dehh..bukan orang Batak he he :)...Met hari kemis ya Ian and family :)