Manfaat Workshop


Sabtu kemarin, 18 November, aku ikut workshop Mengembangkan Multiple Intelegences dengan Metode Active Learning. Ikut gitu gara-gara aku liat-liat spanduk pas lampu merah sehari sebelumnya. Naksir ikut soalnya sudut bahasannya lengkap, medis, psikologis dan nutrisi. Tapi magnetnya ada di Kak Seto tuh kayaknya.

Bisa ikut seminar juga karena pertolongan temen yang mau ngejagain Jessie selama aku workshop. Di mana lagi tempat nyaman buat Jessie kalo nggak di tata bumi permai, he...he...he..., thanks pak. Udah ibunya diajak workshop, mau lagi dimintain tolong jagain anak-anak.

Aku nanya ama Kak Seto, gimana supaya ibu-ibu nggak kehilangan kreativitas dalam mendidik anaknya. Ini nih jawabannya, semoga ada gunanya:
1. Ibu-ibu harus bebas stress secara psikologis dan merasa aman di lingkungannya.

2. Jadi diri sendiri.

3. Santai

4. Selamatkan jiwa, artinya jagalah hati supaya tetep ok.

5. Tiada hari tanpa kreativitas


Sekarang, follow up nya apa? Secara pribadi aku jadi merasa bersalah karena menuntut Jessie ini dan itu. Aku lupa dengan motto yang aku tanam dalam-dalam di hati kalau anak-anak itu bukan orang dewasa mini. Aku lupa kalo anak-anak itu bertumbuh dari detik ke detik dan tiap detiknya sungguh berharga. Aku juga lupa enaknya dan senangnya bermain. Jadi sembari dengerin workshop, sembari ngerasa bersalah ama anak semata wayang.

Tekadku abis workshop: menciptakan dunia yang nyaman buat Jessie, mengurangi tuntutan padanya dan sering-sering mengajaknya bermain. Cuma tiga sih, tapi pelaksanaannya butuh ketekunan.

6 komentar:

Lenny said...

dah sukses belon niatnya hehehe...

Mariani Sutanto said...

Hari ini sukses besar, rumah tenang dan damai semoga kekal sampai selama-lamanya.

Patty said...

Moga niatnya tercapai ya..
Sun buat cici Jessie dr dd Viany..
Kapan cici Jessie mo main ke bdg ??

Anonymous said...

Sama ci, aku jg suka ngepush Angina. Kadang2 seh, lom parah.

Makanya aku suka bete klo mertua ngepush Angina, aku suka protes...biarin aja mah, wong Angina masih mau maen kok disuruh ngerjain PR. or Angina lagi asik apa udah di suruh belajar. :(

Mau aku, di sekolah kan Angina udah dijejelin pelajaran, jadi di rumah nyantai aja... biar balance. hehe..

Mariani Sutanto said...

Salam juga buat dede Viany. Kapan2 kita pasti nyampe Bandung, kan itu kota yang cantik...:)

Mariani Sutanto said...

Iya Dew, tantangan anak buat bebas bermain semakin besar, karena hambatannya adalah persaingan antar kawannya sendiri. Itu sebabnya aku nggak pernah terusik dengan hasil ulangannya. Dirinya harus dibandingkan dengan dirinya sendiri, bukan dengan orang lain. Tapi emang bibit kompetitor udah ngalir dari darah nenek moyangnya yang dulu tinggal di Tanjung Kait Tangerang...:))