PILKADA KODYA YOGYA

Hari ini Kotamadya Yogya melaksanakan Pilkada, pilihan langsung Kepala Daerah. Kalo menurutku sih ini pemilihan walikota. Pertamanya sih aku gak gitu peduli, kayaknya gak ngaruh aku ikut milih apa nggak.

Di jalan-jalan banyak dipasang spanduk. Justru yang mengubah sikapku itu bukan spanduk berisi slogan-slogan masing-masing calon. Juga bukan poster-poster yang dilempar ke halaman rumahku. Tapi justru spanduk-spanduk pengayoman. Tulisannya begini: Beli batik ke Malioboro, yen pilihan bedha ojo padha suloyo. Artinya kira-kira kalau pilihan berbeda jangan berkelahi. Ada satu lagi: nasib kodya Yogya tergantung panjenengan. Artinya nasib kota Yogyakarta tergantung pada Anda.

Saking seringnya ngebacain spanduk begitu, lama-lama pesannya “masuk” dan mengubah sikapku. Udah diberi hak memilih koq nggak dipake, begitu pikirku.

Jadilah pagi ini aku bangun dengan semangat 45, mau milih sang walikota. Bayanganku, pasti deh nanti rame, ngantri, panas. Aku siap-siap aja bawa komik Doraemon yang baru dibeli Jessie kemaren. Lhah...., sampe di sana sepi! Aku dateng langsung daftar, langsung dipanggil, langsung milih deh. Yeee..., kalo gini sih enak pilkadanya. Nggak sampe lima menit selesailah tugasku sebagai warga kodya...:))

Kali 5 taon lagi, pilkada bisa langsung dari internet. Tiap wilayah kota udah dipasangin hot spot. Kita tinggal akses ke website pemkot, terus sign in, terus milih deh. Koq rasa-rasanya mungkin lebih banyak yang milih, supaya orang gak usah keluar rumah. Tapi ada dilemmanya juga, berarti semakin tak kenallah seorang akan yang lain. Abis ketemunya di dunia maya, mana pernah lagi kongkow-kongkow di cakruk satpam. Belum ada hot spot aja orang udah pada males ketemu-ketemuan. Kayaknya ini tantangan buat pemkot, gimana supaya tanggung jawab warga untuk milih walikota semakin tinggi dari satu periode ke periode berikutnya.

6 komentar:

Lenny said...

sekalian besok2 calonnya suruh bikin blog aja, jd biar tambah kenal hahaha..

Mariani Sutanto said...

Iya betul, mau pemilihan repot amat, pake blog aza, hidup blogger!

Nata said...

Haii cicik..'lam kenal juga.suwun uwes dolan-dolan..kalo aku nga pernah pergi milih-milih gitu, abisnya antri dan panas-panasan sich

Anonymous said...

wakzz..kok samaan? maren aku jg ada pemilihan gubernur, tapi aku gak dateng. hehe... klo aku dikasih duit sih aku mau milih. huahuhuahua....

Mariani Sutanto said...

Hai Links, senang kenalan denganmu. Iya nih tumben di Yogya gak panas, malah pake angin semilir :))

Mariani Sutanto said...

Wah Dew, khas dirimu deh :) Aku cuman pengen aja ngerasain hawa demokrasi yang gak umpel-umpelan kayak zaman baheula. Apa kabar, rumah udah beres?