Friendship

Heran deh, beberapa hari ini semuanya kayak berhubungan dengan teman, temin, sahabat, sobat, sohib, dan sejenisnya. Baru hari Minggu kemaren aku posting tentang remembering friends. Pagi tadi, waktu semangat kerja mulai muncul lagi, tiba-tiba datang sms dari Engeline. Dia ini sahabat lama. Kami jarang banget ketemu. Walaupun dia sering travel ke kantor cabangnya di Yogya, tapi karena padatnya acara, kita tetep nggak bisa ketemuan. Terus juga jarang telepon-teleponan. Salah-salah dia lagi meeting ato aku lagi ngajarin anak, wah…. Itu sih lagi tegangan tinggi, ha…ha…ha…! Kalo aku ada pergumulan berat aja, bisa langsung keinget dia. Curhatnya abis-abisan. Maklum, sama-sama libra nih, jadi kayak botol ketemu tutupnya.


Begini bunyi smsnya: Do you know the relation between your 2 eyes? They blink together, move together, cry together, see things together and sleep together. Though they never see each other, friendship should be just like that. Life is tough without friends. It’s WORLD’S BEST FRIEND week. Thx for being a dear friend of mine.

Cantik kan kata-katanya? Misuaku aja langsung masukin sms ini ke hp nya, padahal jarang-jarang dia tersentuh ama yang namanya kutipan- kutipan, he…he…he… Mungkin juga karena yang kirim ini sahabat kami berdua. Dari zaman susah payah naek motor ujan-ujanan dianterin kuliah sampe sekarang.

Aku jadi tergoda ngeliat-liat kata friendship. Lucu ya, ada kata friend dan ship di sana. Apa kalo naek kapal itu butuh kekompakan dan kesehatian ya supaya jalannya kapal kagak oleng dan tenggelam, begitu juga persahabatan? Nggak lucu kan kalo sahabat cuma maunya nerima aja? Kan perlu ada take and give? Kalo sahabatan nggak sehati yah jadinya kocar- kacir. Pura-pura aja seneng, tapi nusuk dari belakang. Kalo sahabatan nggak kompak, gimana mau nangkis omongan orang yang nggak-nggak? Tapi di atas semua itu sahabatan berarti tampil apa adanya. Gimana sih dua orang yang mengendalikan diri jaim abis? Bisa-bisa tuh kapal bukannya jalan malah tebalik. Justru sahabat yang paling tau saat kita down ato saat dilanda kegembiraan. Sahabat tuh yang paling ngerti gimana kalo mata kita bengkak karena nangis, bukan yang terpesona kala kita berdandan cantik manis. Sahabat juga yang paling tau baju butut kesayangan kita, bukan yang taunya cuman baju-baju kita yang oke-oke. Dan, yang paling nakutin tapi sangat perlu kehadiran sahabat adalah waktu kita marah! Bener gak sih? Aku sih paling bahaya kalo lagi marah yang anteng, kalo pas meledak-ledak sih biasa. Kalo marah yang anteng itu yang bisa membinasakan orang. Maklum, kekancan sama orang alus dari kedokteran hewan. Jadi walau bunyinya aku cekik, tapi diucapkan dengan tersenyum, Ngeri nggak? Nah, di situ tuh perlu kehadiran sahabat, supaya kita nggak kebablasan.

Gampang nggak sih jadi sahabat? Gampang bin sipil kalo kita cuman maunya ketiban untung. Gape deh kalo sahabatan cuman buat seneng-seneng. Kalo jadi sahabat di kala suka dan duka itu yang sussyyyahhh. Jujur aja, aku sering ngerasa bertepuk sebelah tangan waktu menjalin persahabatan. Gilirannya aku susah dan perlu dibantu, cuman sedikit yang bener-bener mau ngasih jalan dan insight. Kebanyakan sih pura-pura nggak tau. Ato tau aku harusnya diberitahu, tapi malah diem aja sampe aku kejeblos lobang. Kalo ketemu aku? Wah, orangnya ketawa-ketiwi. Tipe-tipe begini yang bikin aku miris, dan mempertanyakan makna persahabatan. Syukurlah, di antara sekian banyak orang yang mampir dalam hidupku, ada beberapa yang betul-betul jadi sahabatku, di kala susah dan di kala seneng.

Aku selalu teringat lagu ini: Di hidupku, ku ada sobat yang setia, yang snantiasa berjalan sertaku. Masa gelap, dibuat-Nya terang ceria, itulah Yesus Juruslamatku. Ku tak cemas kan jalan yang naik turun, lewat lembah dan gunung yang terjal. Sebab Tuhan berjalanlah di sampingku, memimpinku ke Negri yang kekal.

A friend in need is a friend indeed.

4 komentar:

Anonymous said...

seorang sahabat adalah seorang yang mampu membawa kita mencapai potensi tertinggi, tanpa merasa tersaingi, meskipun dia akan jauh terlampaui.

fanvin said...

Punya sahabat merupakan suatu blessing...

Oom Yahya said...

Hi,
Ni aku juga teman lama, lama gak komentar (atau malah belum pernah ya, hehehe)

Mariani Sutanto said...

Hai Yahya, it is a surprise! Iya, segitu lamanya kita temenan ampe pada punya buntut ya? Salam buat Yuli n kids.