Dokter Masa Krisis

Seharian kemaren kepalaku pusing, melayang-layang, gliyer. Rasanya lelah dan ngantuk sekali. Kondisiku ini agak di luar kebiasaan bulanan. Biasanya aku makan satu porsi hati kambing, langsung seger dan mataku terang. Tapi, kali ini aku malah makan sate hati kambing plus gule daging, tetep aja gliyer. Payahnya aku nggak bisa nelen obat penambah darah kayak sangobion, sangofer or yang semacamnya. Pasti muntah setelah beberapa jam setelah menelannya. Sampe aku kayak orang mau ketiduran di depan kompie Akhirnya aku sms misua ngabarin kondisiku dan ngajak dia ke dokter malamnya.

Menjelang sore kondisiku udah lumayan membaik. Sempat muncul keinginan untuk batal ke dokter aja. Lalu aku ingat salah satu teman pernah mempromosikan dokter umum yang pandai. Tentu aja ini menurutnya, karena temanku ini pernah diserang tumor ganas. Jadi kalau dia berobat harus hati-hati. Setelah dapat nama dokter itu, mantaplah aku ke sana.

Sehabis makan malam, langsung kami sekeluarga meluncur ke tempat prakteknya, di utara hotel Melia Purosani, kira-kira 3 rumah dari mesjid pengkolan jalan. Ups! Pasiennya banyak banget! Aku dapet urutan ke 11. Tunggu di ruang praktek dokter selalu nggak menyenangkan, tapi karena aku lagi teller, kujalani aja. Pengennya cepet ketemu tuh dokter. Sempet kepikir sih gimana kalo definisi pinter menurut temenku ternyata berbeda dari persepsiku ya.

Ketika tiba giliranku, kami bertiga masuk ke ruang praktiknya. Ditanya sebab musababnya, aku diperiksa menyeluruh: tekanan darah, kerongkongan, perut, kaki, dan punggung. “Iya Bu, ini abis. Tekanannya rendah sekali 90/60.” Wah, kaget aku. Untungnya nggak apa-apa nyetir ke sana ke mari. Dokter itu bilang kondisi begini harus diteliti ulang bulan depan pas menstruasi. Kalau setelah mengonsumsi obat, masih sama, lebih baik check up. Aku diberi obat dan vitamin macam-macam, mulai penambah darah obumin, elkana, neosanbe sampe bephollen.

Yang bikin kaget itu ongkos periksanya. Aku udah ngebayangin di atas Rp 50.000, ternyata Rp 17.000! Bener-bener dokter yang mengerti kesusahan rakyat! Lalu obat dan vitaminnya Rp 41.500. Wah, buat aku sih berkat luar biasa nih. Jadi semanget abis keluar dari ruang praktiknya. He…he…he…, ini sakit apa terkena krisis kantong yak!

3 komentar:

fanvin said...

Moga cepet sembuh cik, jadi ga perlu nyari2 kambing putih lagi :D

Anonymous said...

Wah, ternyata kita saudara seperguruan, sama-sama punya jurus tekanan darah rendah.

Mariani Sutanto said...

Buat Lily, udah sembuh nih, manjur banget obatnya!

Buat Yahya, itu yang bikin aku gemar makan enak, tapi nggak gemar melihat tubuh melar, jadi diet....ung! Ha...ha...ha...