Setor Tunai

Kemarin aku menjual dua monitor yang tebel-tebel itu. Pengennya sih pake yang slim, supaya kamar kerja agak sedikit lega. Syukurlah ada mahasiswa kenalanku yang memang ‘main’ jual beli kompie dan hape. Kenapa aku melepas kedua monitor itu? Pertama alas an di atas. Kedua, yang terpakai hanya satu monitor, yang satu nganggur. Kan biasa, barang yang nggak dipakai lama-lama rusak. Ketiga, harganya makin lama makin turun. Bulan lalu masih 350.000 each, bulan ini tinggal 300.000. Kalo di toko tinggal 200.000. Jadi, the best choice ya menjualnya itu.

Sebenarnya aku udah bawa uang untuk beli monitor slim, tapi inget ada ION, yang dikelola sama iparku. Jadi, aku gak langsung beliin yang baru. Tanya-tanya sama ipar malah lebih sip.

Nah tuh duit ka udah kadhung keluar dari rekening. Aku pengen masukin lagi. Jadi, pas lewat di KH Ahmad Dahlan aku ingat ada cabang BCA yang bisa setor tunai. Daripada ngantri lama-lama, mendingan pake mesin itu supaya cepet. Aku belum pernah sih memakai mesin itu, hanya baca panelnya aja waktu ambil uang di ATM. Siang ini aku mencobanya.

Mesin ini hanya mau terima uang yang tak ada lipatan, bersih dan disusun dengan rapi. Aku masukin kartu ATM, terus keluar permintaan PIN. Setelah itu Jessie yang menyusun uangnya mulai dari 100.000 lalu 50.000. Lalu traynya membuka dan uang kita dihitung pake mesin yang bunyinya kayak kalo ambil uang di ATM. Seleesai penghitungan, di layer nampak jumlah uang yang dimasukkan tadi. Muncul pertanyaan mau disetor ke mana: ke rekning kita atau ke rekening sendiri. Setelah memilih, keluar deh receiptnya yang menunjukkan saldo di rekening kita setelah penyetoran itu.

Lumayan gampang, kayak metode WYSWYG jadul deh. Setauku setor tunai yang sampe malam baru di BCA ini. BCA Sudirman udah ada mesinnya tapi hanya beroperasi pada jam kantor. Yang perlu kan kalo pas sore-sore ato malem-malem masuk pembayaran dari rekanan dagang, bisa langsung ke sana. Di BCA deket rumah panelnya udah disiapin, tapi mesinnya belon dipasang. Wah, kalo itu udah beroperasi, enak banget, tinggal jalan sebentar ke sana, langsung done. Kalo uang pribadi ngendon sehari di dompet sih gak apa-apa, tapi kalo uang dagang bagusnya disetorin ke bank, keluar kan typicalnya? Ha…ha…ha….

0 komentar: