Jagalah Hati...

Siang bolong kemaren, temen lamaku datang bersama anaknya. Tumben aja, karena kami udah lama nggak ketemuan. Waktu anaknya masih satu, sering tuh ketemuan, soalnya anaknya seumuran Jessie, lebih tua setaon. Sekarang, dengan segudang kesibukan masing-masing, ditambah anaknya udah jadi dua (kayak Naga Bonar aja), ketemuan tuh barang langka dan sangat berharga.

Waktu Jess maen sama temennya itu, aku dan dia duduk-duduk di teras sambil ngobrol. Biasalah yang diobrolkan ibu-ibu. Apalagi kalo bukan urusan remeh temeh rumah tangga, dari anak sampe urusan yang ting krecek. Tiba-tiba aja arah pembicaraan berubah ke topik daya tarik. Iya nih, udah usia 40 an, apa masih punya daya tarik? Ya masih dong. Bahkan aktris pemeran Sex in The City versi layer lebar aja masih dibilang berakting ketika mereka sedang lucu-lucunya, padahal usia mereka almost 50!

Temenku bilang kalo tiga aja ada yang naksir dia, “Tapi masak kita goblog-goblog amat, nggak tau orang naksir sama kita?” Begitu paparnya elegantly. Aku pancing terus, “Jadi, apa yang kamu lakukan?”

“Aku stop dong. Itu kan kekuatan yang kita miliki. Ngapain lagi cari sensasi di usia matang begini. Males dong nanti kalo sampe diterus-terusin terus ketauan, terus dilabarak sama yang punya, terus malu, terus nama suamiku tercoreng- moreng, dan sejuta terus laennya.”


“Apa nggak bangga, masih disenengin orang padahal anak udah 2?”


“Yah.., begitu sih biasa. Nggak susah kok nge-match perasaan. Cuma, buat apa?”


Nah, yang kayak gini nih tipe ceweq modern yang tau bagaimana menjaga hati. Kalo dipikir-pikir sih emang bener sekalee yang dipaparin dia. Ngapain sih menceburkan diri ke kubangan kotoran, kalo bisa mandi air bersih? Emang nikmat, kalo sampe ketauan? Lagu tentang begituan aja yang irama dan kata-katanya lucu, padahal di kenyataan bisa jadi pisau yang tajam dan melukai hati sampe ke dalem.

Amit-amit deh, jangan sampe dalam hidupku ini aku jadi penggoda laki orang atau sengaja-sengaja bikin tatapan ato melontarkan kata-kata bersayap yang arahnya ke perselingkuhan. Aku nggak mau nambah-nambahin cerita perselingkuhan yang udah bejibun itu. Hidupku yang berharga ini kalo boleh sih jadi berkat aja deh buat sesama, bukan jadi bencana. Masalahnya tekad sesederhana itu perlu iman yang kuat untuk mewujudkannya. Tapi aku mengalami, aku punya Tuhan yang hidup yang tidak akan membiarkan anak-Nya jatuh ke dalam pencobaan.

Lhoh, koq sampe punya tekad yang segitu sip, apa pernah dilirik orang ato suami orang? Pernah dong. Ada yang seneng deket-deket aku, karena parfumku enak sekali baunya (Channel, gitu lhoh). Ada yang terkagum-kagum dengan ketekunanku di bidang administrasi. Bahkan ada yang seneng kalo liat aku lagi nyetir! Semua itu sih….lewat bleh. Yang di rumah dan yang menjadi ayah anakku lebih berharga dari yang laen. Dan, menurut sebuah tes psikologi aku kan agak konservatif, jadi aku nggak mau dong cidera janji pernikahan. Hidupku ya yang lurus aja, jangan berkelok-kelok. Semoga Tuhan menguatkan dan terus menuntunku dengan cahaya kebenaran-Nya. Amin.

2 komentar:

fanvin said...

Postingannya otre banget cik, moga2 cik ian dan om khun :), bisa langgeng mpe maut memisahkan !

Mariani Sutanto said...

Thanks Li, itu cita-cita yang kiranya Tuhan dengar dan wujudkan.