Menu Andalan

Kezia, temannya Jessie dari umur 3 taon, mau nginep di rumah. Jadi deh, aku ngeluarin menu andalanku. Kebetulan setiap Jumat Indogrosir di dekat rumahku selalu promo seafood. Jessie milih kerang dan cumi.

Anak temanku ini agak unik. Dia nggak mau diajak jalan-jalan! Berbeda sekali dengan teman-teman Jessie lainnya yang senengnya bukan maen kalo diajak jalan-jalan. Gini alasannya, “Kan aku main di rumah Jessie, ya maennya di rumah, bukannya jalan-jalan.” Hebat gak?

Karena tamu anakku nggak mau jalan-jalan, jadi aku ngeluarin simpenan cumi. Males kalo mau bikin cumi goring tepung, repot deh bakalannya, apalagi cipratan minyak gorengnya. Jadi aku masak menu andalan. Resep ini udah aku ketahui sejak kecil, dan resep pertama yang aku harus kuasai begitu menikah.

Namanya cumi item. Soalnya tintanya cumi ikut dimasak. Konon hanya kalangan babah yang tahu masakan ini. Soalnya ada temenku yang sama-sama Hokian tapi masih deket hubungannya dengan tanah leluhur, nggak tau masakan ini. Sementara itu suaminya yang babah tahu betul masakan ini.

Jadi, tentakel cumi ditarik pelan-pelan supaya kantong tintanya nggak pecah. Lalu cumi hanya dibersihkan tulang punggung dan isi perutnya. Selanjutnya badan cumi dipotong tipis-tipis melintang. Bumbunya? Sederhana banget, hanya bawang merah 6 siung, jahe sedikit, sereh 2 batang dan menjelang masak cemplungin deh sebuah tomat dipotong 4. Bawangnya digoreng lalu sesudah tercium bau harum, masukkan cumi, lalu digoreng sebentar, tambahkan air, sereh dan penyedap ras (garam, dkk.). Udah deh, jadi. Ini yang bikin aku demen, bumbunya sederhana, nggak susah nyarinya dan pasti enaknya (jadi nggak ketauan kalo aku nggak jago masak, he…he…he..).

Eh, udah dikeluarin menu andalan, tamunya Jessie nggak pernah makan yang beginian. Mampus deh. Jadi dia makan cuminya aja, kuahnya cuman dikit, ditambah saos tomat. Untung masih lahap makannya, kalo nggak kan mau bilang apa aku sama maminya???

5 komentar:

fanvin said...

Wah cik ian ini bener2 tuan rumah yg buaikkk, hehehe, tamunya bener2 di servis

Anonymous said...

wah ian aku juga suka banget dengan mskan cumi item ini...aku diajarin sama mertua aku wkt masih pacaran sama suami aku....he kalau untuk org dewasa dikasih cabe weh enak banget toe....apalagi lagi winter nih....ehm jadi laper nih....

Mariani Sutanto said...

Buat Lily, bukan tuan rumah yang baik, bisanya cuma itu, he...he...he...

Buat Mami Odi,
Emang di australi ada bawang merah dan sereh ya?

Anonymous said...

ini resep cumi, aku mau juga hehehe.....soale cumi hitam senengane suami
sampai hari ini aku belum punya resep cumi hitam yang pas...
thanks....thanks....

and thanks juga buat reviewnya buku kue-nya ya...

Mariani Sutanto said...

Halo Cie Martha, wah seneng lho ada yang suka sama resep warisan keluarga, yang gampang bikinnya tapi bikin anak makan dengan lahap:)