Papa Sakit Jantung

Aku kaget sekali waktu Rabu sore Mama telepon. Katanya Papa sakit jantung dan diminta langsung opname. Aku kaget karena yang selama ini kelihatan ringkih itu Mama. Papa sih seger buger, orang sukanya turnamen golf kemana-mana, suka jalan-jalan, dan seneng memelihara ikan koi.

Untungnya Papa waspada. Jadi pas praktik di rumah sakit, dadanya sakit. Selesai praktik, dia ke bagian EKG lalu rekam detak jantungnya. Ternyata detak jantungnya buruk. Jadi nggak beraturan terus ada beberapa detik jantung itu berhenti berdetak. Jadi ahli jantung RS Bhayangkara melalui pak mantrinya meminta Papa opname. Salahnya hasil EKG nggak disertakan, jadi Papa mau ketemu sama teman sejawatnya itu dulu. Setelah selesai EKG itu memang dikasih obat 3 macem.

Setelah mendengar berita itu, aku langsung sms ade-ade di Jakarta. Mereka mendesak supaya Papa cek betul ke Surabaya atau Jakarta. Dia memang naksir mau ke RS Medistra yang pernah dimuat di Kompas tentang pengobatan jantung tanpa operasi.

Begitu mendengar berita itu, aku langsung teringat almarhum adenya Papa, yang juga meninggal karena sakit jantung. Gejalanya sama persis: masuk angin berhari-hari, nggak sembuh-sembuh. Hari terakhir, minta dikerokin, abis dikerokin badannya menggigil kedinginan, dibawa ke rumah sakit, tapi udah meninggal di taksi yang membawanya.

Emang sih Papa lebih mengerti tentang kesehatan, tapi dengan keseniorannya malah kadang-kadang mengabaikan anjuran anak-anak atau orang lain di sekelilingnya. Sampe aku nulis ini aku belum bicara dengan Papa. Moga-moga nanti malem ada waktu untuk telepon, soalnya adeku Buddhy memintaku membujuk Papa supaya segera check upyang betul.

Namanya manusia, jadi kalo udah umur-umur se Papa gitu mungkin ‘mesin’nya udah aus, jadi perlu lebih memperhatikan perawatan.

2 komentar:

Anonymous said...

cie Ian, papa mertuaku jg seger buger. waktu meninggal gak sakit lagi, meninggalnya jg pas bobo. Mama mertua bangun pagi, papa mertua dah gak ada. Sampe saat ini gak ketauan papa mertua meninggal karna kenapa. Aku sih curiga jantung.

Btw, smoga papa cici cepet sehat lagi yah. katanya sih, klo orang udah tua itu banyak penyakitnya, harus extra perawatan dan jaga makanan. Gak boleh makan yg enak enak. hehe...

Mariani Sutanto said...

Thanks ya Dew. Aku khawatirnya karena di rumah mereka hanya berdua, gak ada siapa-siapa lagi. Tapi kalo udah begini aku ingat ayat Alkitab bahwa kekhawatiran tidak bisa menambah sehasta pun hidupmu. Jadi, sekarang aku berserah.