Sedikit demi sedikit

Biasanya sebelum les renang Jessie selalu tidur siang. Tapi kali ini lain. Di tempat tidur dia terbayang-bayang permainan dalam Princess and The Pauper. Akhirnya nggak bisa tidur.

“Boleh nggak Mom, aku nggak tidur siang? Aku nggak bisa tidur nih.”

“Nanti Jessie nggak kuat, kan nanti mau les renang?”

“Tapi aku nggak bisa tidur. Aku latihan keyboard aja ya?”

“Ya deh.”

“Mooom..., yang aku bisa udah abis. Boleh nggak aku main komputer?”

“Boleh aja, tapi nanti berenangnya yang pinter lho, nggak pake acara nangis-nangis?””Tapi aku nggak mau disuruh ambil nafas sendiri,” sambil geleng-geleng memelas.

“Kan Jessie mau jadi anak pinter. Ikutin aja apa yang disuruh Pak Mul, ok?”

“Tapi dua kali aja ya ambil nafasnya?”

“Lho, kalo dua udah bisa, ya pasti nambah, sampe Jessie bisa ambil nafasnya. Nggak apa-apa, kan dijagain Pak Mul. Deal ya Jes?”

“Iya deh, horee...”

Selama les renang, Jessie menepati janjinya. Apalagi ada temen sekelasnya yang baru ngeles dan sama sekali belum bisa. Dia tambah PD. Herannya, waktu disuruh latihan kaki dolphin, malah dia seneng sekali. Selesai memakai papan kaki dolphin, langsung tangannya. Sampe akhir sesi renang, Jessie masih mau latihan gaya dolphin. Apa ada ya kalo nggak begitu mahir gaya bebas, bisa renang gaya dolphin? Soalnya dulu pas les renang, bisanya cuma gaya katak, jadi nggak ngalamin tuh gaya-gaya lain.

Syukurlah, sedikit demi sedikit Jessie bisa mengatasi kekhawatirannya. Hari ini gurunya tau penyebab ketakutan Jessie (pernah melihat seorang bapak tenggelam di kolam itu), jadi nanti perlakuannya lebih sesuai.

Jadi timbul pertanyaan, apa traumatik itu menurun? Kayak-kayaknya anakku ini agak traumatik. Jadi kalo ada kejadian yang membuatnya tak nyaman, susah pulihnya. Ini yang ketiga selama 6 tahun ini. Pertama, minta ditemenin di kelas pas TK B karena aku nggak nemenin dia sama sekali di suatu siangpas istirahat. Kedua, nggak mau keramas karena melihat temannya jerit-jerit dikeramasin sama baby sitternya. Ketiga, takut berenang karena melihat ada yang tenggelam. Kalo ini menurun, berarti ada tambahan bahan penelitian.

0 komentar: