Finishing Touch

Yang namanya finishing touch kayaknya nggak pernah nggak penting. Coba aja liat orang- orang yang suka dandan, finishing touchnya penting banget: bikin efek idung keliatan tambah mancung, mata tambah belo or pipi supaya keliatan sumringah.


Bikin rumah juga gitu, finishing touch nya yang lama. Milih keramik, milih efek sinar lampu, milih detail, nentuin stop kontak dan sambungan telepon, milih warna cat di tiap ruangan, dll. Keinget waktu finishing touch rumah ini juga ribet banget. Untung dibantuin Alm Mas Janni, kalo nggak bisa kocar- kacir deh.


Nah, yang lagi aku kerjain sekarang finishing touch buku. Ini buku pertamaku yang dikerjakan bareng- bareng ama dara manis dari Jawa Timur. Kita kenalan lewat dunia maya. Tapi, yang namanya Mariani…, begitu tau nomor teleponnya, langsung dikontak deh. Aku bisa tau orangnya bae apa nggak lewat suaranya dan caranya bertutur kata, soalnya. Nggak betah sih kalo cuman kenalan di net terus selamanya nggak pernah omong-omong. Kurang sentuhan manusiawi, gitu. Singkat kata aku puas kolaborasi ama dia.


Nah, yang bikin aku pusing di finishing touchnya adalah waktu mau bikin ‘tentang penulis’. Nggak boleh panjang-panjang dan harus jelas. Mau nulis apa tentang diriku sendiri yang cocok dengan keseluruhan isi buku, soalnya aku kan belon punya catatan rekor menulis buku. Kan laen ceritanya kalo misalnya aku udah nulis sekian puluh buku lalu tiap bulan ngeluarin satu buku? Aku sih masih jauh deh dari itu. Akhirnya setelah aku pikir dan timbang sana timbang sini, jadilah satu paragraf singkat. Selaen itu juga masih ada perbaikan di sana sini, khususnya tentang kata-kata mutiara yang aku gunakan. Singkat kata, kelimpungan dikejar deadline. Tapi syukurlah udah beres.


Jadi, finishing touch musti bener-bener dikerjakan dengan serius, kalo perlu dua rius. Kalo nggak, nyeselnya bisa berkepanjangan.

0 komentar: