Kontak Batin

Minggu pagi aku tiba-tiba aja pengen menanyakan kabar kawanku yang sedang hamil tua. Keinginan itu muncul tiba- tiba dan aku nggak bisa mengabaikannya. Jadi aku langsung sms dia. Pikirku waktu itu jangan-jangan bayinya udah lahir. Setelah sms, aku lega. “Ah, mungkin ini hanya karena lama nggak kontak dia, terus tiba- tiba keinget aja,” gitu suara nuraniku.


Setelah itu aku melakukan berbagai aktivitas hari Minggu. Agak siang sedikit, saat aku beribadah, sms temanku itu datang, bunyinya, “Thanks udah mikirin aku. Aku baru aja jatuh, kena perut, muka dan tangan. Udah periksa ke dokter dan katanya bayinya nggak apa- apa.” Wah, perutku langsung mules. Dengan bobot kehamilan 8 bulan, jatuh begitu sih kayaknya bahaya. Jadi aku cemas juga.


Sekitar tahun 1984 aku pernah baca penelitian dalam salah satu kisah di Kompas, kalau hubungan batin itu bisa terjadi pada dua orang yang dekat secara psikis, walaupun terpisahkan oleh jarak. Contoh waktu itu adalah ibu dan anak yang terpaksa berpisah benua. Satu di Asia dan satu di Eropa. Ketika sang anak kecelakaan, si ibu yang amat jauh darinya merasa ada yang nggak beres pada anaknya. Di kemudian hari ternyata saat itu anaknya kecelakaan. Nggak usah jauh- jauh. Waktu dulu aku nakal dan tidak menghiraukan orangtua, berkali- kali mamaku pengen naek travel ke Yogya, tapi dihalangi sama papa. Ajaibnya, aku pernah menabrak temanku yang naik motor di depan mobilku. Waktu itu aku baru belajar naik mobil. Temanku emang masuk rumah sakit dan kemudian sembuh total. Tapi, adeku nomor dua pada saat aku tabrakan itu bermimpi kalo aku nabrak orang!


Kontak batin emang bener- bener nyata dan kalau kemampuan itu diasah akan menjadi alarm buat diri kita. Aku nggak terlalu bisa mengasahnya tapi kemampuan itu sedikit berkembang pada aku. Saat- saat tertentu aku bermimpi dan menjadi kenyataan. Tapi emang nggak enak, karena biasanya mimpiku itu nggak baik. Mula pertama sih aku mati- matian mengabaikannya, tapi karena berkali- kali terbukti nyata, aku memakainya sebagai isyarat awal. Tanda- tanda kedatangan isyarat awal ini adalah aku seperti mengalaminya dengan sangat jelas, melihatnya dengan sangat jelas, dan waktu itu aku sedang rileks, nggak ada beban batin atau stress. Hal pertama yang aku lakukan adalah mendoakannya, apalagi kalo mimpi itu jelek dan menakutkan, misalnya ruangan yang dicat hitam, melihat orang ***, dll. Lalu aku berusaha mengomunikasikannya. Biasanya aku mengajak orang-orang yang kupercaya untuk mendoakannya. Kalo sampe tuh mimpi bener-bener jadi kenyataan yang berakibat buruk sama aku, aku minta hikmat Tuhan supaya dapat mengatasinya. It works because He is alive!


Kembali ke temenku itu, aku nggak punya isyarat awal yang jelek sih, jadi aku tenang-tenang dan memintanya cek ke dokter seminggu sekali.

5 komentar:

mierz said...

eh ibu, met kenal yah..
emang seh, hubungan batin itu ada.
saya sering begitu, kalo saya sedang gak enak badan, ibu dirumah pasti ngerasa ada yang aneh, dan kmudian pasti tilpun, karna memang skarang saya hidup ngekos.
Btw, mampir² ke blog aku bu ya..

Mariani Sutanto said...

Wah Mierz, berarti erat banget tuh hubunganmu sama ibu ya? Jarang-jarang begitu, apalagi udah mahasiswa yang serba maha....

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]nero 7.9 download, [url=http://firgonbares.net/]discount children's software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] order generation software nero 9 retail
cheap vista software [url=http://firgonbares.net/]adobe photoshop cs4 extended trial cracks[/url] software shop new
[url=http://firgonbares.net/]discount on adobe software[/url] is discount software house
[url=http://firgonbares.net/]buying oem software[/url] selling software to
how to use adobe acrobat 9 professional [url=http://firgonbares.net/]free acdsee download[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]coreldraw engraver engraver tutorial, [url=http://hopresovees.net/]microsoft budget software[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] microsoft oem software educational software cd
quarkxpress question [url=http://vonmertoes.net/]buying pirated software[/url] teacher discount on software
[url=http://bariossetos.net/]adobe software educational[/url] free autocad tutorials
[url=http://bariossetos.net/]order software from[/url] nero 9 serial
microsoft office 2007 enterprise [url=http://vonmertoes.net/]Security 2009 Retail Price[/b]

Aryom rumpaisum said...

emang bener, kelo kontak batin itu ada, aku sering ma bundaku atau ma orang yang aku sayang.... :) salam kenal yah...