HOAX kah?

Kemarin malam aku dapat sms yang sereeeum bunyinya:


Believe it or not: Kartu GSM AXIS sudah keluar di tv. 6/ sms, 60/ menit, 600/mms. Simbol 666, angka setan. SIXA = Siksa. Jangan dibeli, itu kartu pendukung antikris milik S**** telecom. Sebarkan sms ini, 1 sms selamatkan 1 jiwa. Tgl 12 Mei 08 peluncuran Satelit CIPS 666 oleh Amerika untuk dicap di belakang tangan/ di dahi manusia pengganti kartu kredit dan uang utk berbelanja. Pengikut Kristus jangan mau terima cap 666 apabila diajak krn angka 666 adalah angka setan. Shalom, GBU.


Serem nggak? Waktu dapet itu, aku sih tenang- tenang aja karena GSM ku teteup telkomsel, he…he…he… . Biasa, aku kan suka yang standard dan pasti oke. Segala yang murah dan digembar- gemborin murah gak aku sentuh deh, kecuali emang dihadiahin, itu laen soal.


Kembali ke sms itu, untung juga yang nyebarin ya? Bayangin, berapa duit tuh yang udah didapet si operator? Janjinya itu lho bo’, 1 sms selamatkan 1 jiwa. Siapa yang gak luluh hatinya kalo udah baca pesen kayak gitu? Belon lagi beritanya. 666 itu emang symbol antikris. Aku jadi inget, zaman dulu juga ada perusahaan sabun dan odol yang dicap antikris. Kalo yang ini gaungnya cukup lama/ Waktu itu, 25 tahun lalu, aku sempet terpengaruh nggak mau pake sabunnya padahal itu salah satu sabun favoritku karena wanginya yang khas. Kebenarannya? Sampe malam juga nggak ada yang bisa jawab.


Kalo ini? Bisa nggak ini disamakan dengan hoax yang diperemailan itu? Ada kawan yang suka memberi penerangan kalo aku dapet email yang serem- serem bunyinya. Dia bisa lacak, tuh email dating darimana, dikirim sama siapa, dari negara mana, terus keluar deh informasinya kalo itu hoax apa bukan. Biasanya berkaitan dengan isu virus kompie. Tapi kalo via sms gini, gimana ngelacaknya? Apakah ini beneran? Apakah ini merupakan salah satu trik dagang, biar menjatuhkan AXIS atau justru untuk semakin menguntungkannya? Atau, apakah ini memang tanda zaman?


Mudah- mudahan sampe malem udah ada jawaban!

2 komentar:

Anonymous said...

Gw mw bnerin ja yah..tuh yg AXIS tarif nya :

SMS : Rp 60 bkn Rp 6

jd total ga 666

trus AXIS => SIXA ???

kbanyakan org klo baca AXIS inget nya ya ORDINAT di MATH....=)

AXIS = Satelit ???

22nya HOAX..coba ja liat sendiri di google...yg ada cuman web bahasa Indo ja,sedangkan web bhs inggris nya ga da..masa qt lbh pinter drpd bule" amrik yg teknologi nya lbh canggih...wkwkw

Mariani Sutanto said...

To mous, abis anonymous, he..he..he..

Thanks untuk pencerahannya. Emang sms gini bikin operator tambah kaya dan bikin orang panik! Namanya juga zaman susah...