Telusur Akar

Bagi aku yang udah jauuuu…..h sekali dari silsilah keturunan Tionghoanya, buku ini sangat menolong. Sejak kecil aku nggak pernah dididik dengan tradisi Tionghoa. Patokan yang aku paling inget itu adalah hormat sama orangtua. Itu aja. Nyebut bilangan- bilangan dalam bahasa Hokian juga bisanya pas udah SMP. Kalo dalam bahasa Mandarin, sesudah Jessie bersekolah.


Dari silsilah keturunan, engkong buyutku ada yang udah nyampur sama Betawi asli dari sebuah kampong di Tangerang kemringet, artinya kalo nyari tempat itu susahnya seduniaaa…….., saking terpencilnya. Engkongku kalo ngomong juga betawian deh. Kalo dari pihak mama, malah nenek buyutku orang Sunda. Jadi, mama tuh selalu disangka orang Manado saking matanya begitu besar dan dalam. Itu nurun ke adeku, yang udah kayak orang Indian aja: mata belo, kulit hitam, rambut sepunggung dikuncir satu, hidung mancung!


So, buku ini bisa membuatku ngintip sedikit tentang budaya Tionghoa. Enak sih bacanya, nggak kayak orang diguruin tapi diceritain. Udah gitu ada pesan moralnya, lagi. Jadi kecil sekali kemungkinan kita salah nangkep makna ceritanya. Contoh nih. Sampe sekarang kalo ada orang bilang “Kasih daah… ang paonya!” terus langsung kebayang amplop merah kecil yang diisi uang. Kenapa begitu? Kenapa amplopnya musti merah? Kenapa ada uang di dalamnya? Pertanyaan- pertanyaan kayak gitu terjawab di salah satu cerita dalam buku ini (Hong Bao: Amplop Merah). Cerita- cerita laen juga nggak kalah serunya. Jadi tau deh kenapa pada waktu tertentu mama masih bikin bakcang sendiri, waktu aku masih kecil dulu. Bahkan bikin bakcang itu dilakukan bersama saudara- saudara iparnya sambil ngobrol ngalor ngidul, ha…ha…ha…


Seru deh bacanya. Jadi semakin tahu, apalagi kalo dengan baca buku ini bisa bikin kita lebih bisa memahami pola pikir orang-orang tua dulu. Kan nggak usah ngeyel kalo dibilangin, “Jangan pake baju putih kalo ada peristiwa bahagia, pake baju warna merah, karena itu warna keberuntungan.” Baca buku ini juga bikin aku semakin paham hal- hal yang ditabukan dalam budaya Tionghoa. Kalo dulu aku serampangan aja mengabaikannya, sekarang aku bisa mengambil hikmahnya. Tambahan lagi, aku jadi ngerti betapa eratnya hubungan kekeluargaan dalam budaya Tionghoa dan betapa pentingnya bakti anak pada orangtua.


Pendeknya aku jadi tambah pinter deh baca buku ini! Terus, bisa jadi dongeng pengantar tidur Jessie. Pokoknya sip deh, tambah pinter, tambah hikmat dan punya stok bedtime stories.

2 komentar:

Anonymous said...

Hi......
wah jgn2 kita satu leluhur nih, krn leluhurku jg dr TNG.ha..ha

Mariani Sutanto said...

Hai mami odi, untung dirimu ke sini. Iya kali ya, hokian apa ge? Terus, susah juga komen di blogmu ya? Aku berkali-kali pengen komen tapi ditolak terus. OK, keep in touch ya.