Jadi Gampang

Mula-mula ngeblog sih karena ikut-ikutan misua. Keliatannya koq asyik punya temen dari berbagai penjuru dunia. Pertama-tama ngeblog juga temen-temennya ya temen-temen misua, dan ada satu dua yang terus berhubungan sampai sekarang, after three years. Lama- lama aku tau kalo ada temen-temen lama yang setia memantau blogku.

Masalah di aku itu: gaptek tapi banyak maunya, he…he…he…! Biasa dan harus ‘kan? Wah, tambah parah. Jadi, aku kepengen blogku sedikit punya sentuhan agak laen lah, daripada yang standar. Pertama kali diubah sama Dewi IT, ini salah satu blogger yang blognya pernah dibukukan. Terus bosan dan kepincut sama blognya Shierly di Belanda, ada yang jatuh turun terus ada lagunya. Mau bikin yang kayak gitu tapi juga susah, aku gaptek itu tadi, ha…ha…ha…! Lalu aku ditolongin Yenny, blogger juga dan jadilah bentuk yang sekarang ini.

Hanya…., karena banyak maunya aku jadi iseng-iseng baca buku-buku tentang blog. Salah satunya yang ditulis Agus Hery Prasetyo, Meraup Dollar lewat Blog. Bukannya mentingin dollarnya sih, tapi cara dia menulis itu sungguh jelas. Paparan di buku ini sangat dapat dimengerti buat orang-orang awam teknologi kompie kayak aku gini. Tampilan layar kompie yang agak njlimet dibikin bewarna, jadi aku jelas ngebacanya. Belon lagi pilihan hurufnya yang nggak bikin mata sakit, jadi enak bacanya. Maklum, orang berkacamata itu yang diliat pertama itu bentuk hurufnya, kalo oke baru bisa baca dengan tenang.


Kalo aku baca-baca seluruh isi bukunya sih, aku yakin koq apa yang diuraikan dan dituntun dalam buku ini bisa aku kerjakan, dan pasti berhasil. Bukan cuman how to ini dan itu, tapi sang penulis juga tahu ‘membaca’ keraguan hati sang pemilik blog. Baca deh di halaman 53, “… Namun hikmah dari kegiatan ini tentunya adalah kepedulian pemilik blog akan konten yang lebih aware dengan pengunjungnya. Jelas tak bertentangan dengan motivasi memiliki blog, ‘kan?” Weh…weh…., ini baru namanya penulis, walaupun bukunya mengusung tema duit tapi bahasannya gak melulu soal duit!


Efek samping baca buku ini, aku yang gaptek jadi tau tuh ngutak- ngatik blog. Bisa ganti kalender sendiri, bisa bikin shoutbox untuk blognya Jessie, bisa milih-milih counter buat blognya Jessie, dll.nya. Namanya coba-coba, pasti pernah terjadi accident, misalnya waktu ngutak-ngatik blognya Jessie, template yang lama hilang. Jadi tampilannya seperti sekarang ini deh.

Berkat buku ini, ngutak- ngatik blog jadi gampang. Kalo aku yang buta teknologi aja bisa ngerasain manfaat buku ini, apalagi mereka yang udah rada-rada cinta ama teknologi kompie, pasti buku ini akan semakin memperkaya khasanah.

Buat saat-saat ini aku belum akan pasang adsense di blogku. Itu perlu pemikiran yang rada milosofian, tapi at least aku udah punya buku yang bisa kujadikan self help. Jadi gampang deh.

0 komentar: