Sempor.... Semper

Kunjungan berikutnya ke dua kota sekaligus, karena satu jalan. Kamis pagi kami berangkat. Kali ini kami didampingi rekan pria, yang bertugas menyetir ke sana sekaligus pembimbingan akan lebih sip karena rekan kami ini pendeta. Biasanya kalo orang dikunjungi pendeta kan seneng banget, apalagi kalo sampe dikunjungi di tempat praktik lapangan.

Perjalanan ke Purworejo sih oke dan cepat, karena dekat, sekitar 60 km dari Yogya. Di tengah-tengah nyetir, pendetaku nanya gini, “Kalo kamu sampe nyetir sendiri ke sini, emangnya tau jalanan ini?” Aku kaget juga dites mendadak, untung udah ada jawabannya, “Tau Pak, kan dulu KKN di daerah Prembun, 2 bulan.” Pendetaku manggut-manggut. Mana berani kalo belon pernah nyisir daerah langsung nyetir. Kan nggak cuman sendiri, pake buntut dan buntutnya temenku juga lagi. Tapi sempet kepikir juga sih, kalo pendetaku nggak ikut, mestinya dilakoni juga, soalnya udah janji dengan pendeta di jemaat penerima mahasiswa.

Kunjungan kali ini juga melegakan karena mahasiswa kami dinilai selalu on time sehingga dapat menghadiri berbagai kegiatan dengan efektif. Perjalanan Purworejo – Purwareja Klampok yang luar biasa. Naik turun melewati bukit dan lembah. Jalanan memang nggak enak, tapi menghemat waktu satu jam, dibanding jika kami mengambil jalan memutar. Anak-anak tidur sepanjang jalan. Sampai di Purwareja Klampok sekitar pk 12.00. Setelah melakukan pembimbingan, kami bertolak kembali ke Yogyakarta pk 14.00. Anak-anak belum tidur, jadi mereka agak kaget melihat medan perjalanannya. Jessie bahkan sedikit mual. Untung ada pemandangan waduk, jadi agak terhibur sedikit.

Tuh waduk gedhe banget. Namanya Waduk Sempor. Waktu bikinnya dulu kali nenggelemin berapa puluh desa kali ya. Ternyata waduk ini yang selalu dihafalin sama anaknya rekanku, sampe dia berujar begini, “Wah, yang dihafal-hafalin anakku ada di depan mata. Ternyata emang ada ya yang dihafalin itu.” Kita semua jadi tau sekarang kalo begitu banyak hal yang dihafal di buku pelajaran belon pernah diliat sampe setua ini. Nah, tuh waduk letaknya kan terpencil banget. Adanya aja di jalan alternatif Purworejo – Purworeja Klampok. Terus dibatesin dinding tebing yang juga dibuat jalan alternatif itu. Gimana bisa nunjukin ke anak-anak kalo letaknya begitu nylempit? Padahal nih waduk dijadikan PLTA!

Waktu anak-anak mulai tenang, ketika melihat Waduk Sempor aku teringat ucapan yang sering diulang-ulang oleh salah satu pendeta: semper reformanda, yang artinya gereja yang diperbarui. Tiba-tiba aja tuh kata mampir di otak. Biasanya kan yang begituan lewat-lewat aja. Tau iya, tapi inget sih nggak. Kali ini jadi inget, he…he…he…

Kalo nggak lewat jalan alternatif itu, kali nyampe di Yogya bisa jam 10 malem. Berhubung yang nyetir jagoan dan ada jalan alternative itu, kita nyampe lagi di Yogya pk 19.00. Fuih……, jauh banget perjalanan kali ini.

3 komentar:

Anonymous said...

'

Elos Marsudi said...

kayanya ak tau tuh sapa rekan pendeta itu
hahaha
bener ga ya?
cie mariani ok bs tau blogku?menemukan dimana tuh?hehehe
thx bgt udah comment, akhirnya ada 1 org dewasa yang memberikan comment
hehehe

GBU

Mariani Sutanto said...

Elos lupa ya ada oom google? Everything we write in net, he knows and can trace us, payah juga intel net di mana-mana. Aku senang dengan blogmu koq, kreatif dan inspiring. Keep writing yak. Ngomong2, gpp kan ya ada orang dewasa yang komen? Ha3. Iyalah, yang jagoan nyetir siapa lagi kalo bukan...., tebakanmu tepat kali ini! Bagus...:)