Mommy Mandiri

Ada nih beberapa orang yang ngeliat aku ini terlalu mandiri, nggak ada sedikit pun cewek-ceweknya. Artinya manja apa merluin siapa untuk menolong, atau kodrat laen yang biasanya nempel pada cewek. Mungkin juga ini terjadi karena pola asuh yang aku terima dari ortu. Mereka nggak pengen aku tergantung sama orang, mentang-mentang anak perempuan satu-satunya. Jadilah aku dididik sama seperti ketiga adeku, termasuk dalam mengendarai mobil plus merawatnya.

Manfaatnya sangat terasa kalo suami dinas luar kota. Kadang-kadang sampai lima hari, seperti kali ini. Nah, entah kecapean latihan nari ato memang udara yang nggak enak, dia drop pas bapaknya ke luar kota. Wah, ngenes juga liat dia muntah-muntah waktu mau tidur. Sesudah dibalurin minyak kayu putih dia tidur nyenyak. Tengah malem bangun, langsung muntah. Aku udah mulai deg-degan, apalagi suhu tubuhnya naik. Akhirnya aku mintakan izin supaya hari Jumat dia nggak masuk sekolah. Pikirku, biar istirahat dulu aja. Tapi, panasnya nggak turun-turun. Alhasil aku bawa dia ke dokter sekitar pk 16.00. Singkat cerita dia semakin membaik, dan Sabtu udah bisa sekolah.

Aku ngebayangin kalo nggak bisa nyetir, pas anak sakit, gimana? Ada taksi sih, tapi nggak bebas kan di taksi? Misalnya kalo dia muntah di mobil? Mau pake becak tambah muskil lagi. Itu soal ketrampilan. Soal jiwa mandiri laen lagi. Aku sih jarang tuh ngelokro kalo ngadepin kesulitan begini, anak sakit pas misua ke luar kota. Langsung aja susun plan, ke dokter, terus dokternya yang mana, lalu makan minumnya gimana, dll. Pernah sih kepikir enak juga kalo ada yang ngedampingin, tapi lama-lama malah kerasa ribetnya en ngeribetin orang laen. Kerjain aja sendiri, beres, he…he…he…! Saking mandirinya aku suka lupa sms ke misua kalo anaknya sakit. Selaen memang lupa, aku nggak pengen juga dia bingung pas rapat di sana. Biasanya aku sms kalo keadaan sudah aman dan terkendali, hmm!?!

Pikir-pikir aku kayak istrinya tentara deh, semua musti bisa ditanggulangi pas komandan pergi. Andaikata dulu aku dimanja dan nggak dibiasain mandiri, bisa kayak apa ya? Jangan-jangan orang ketemu aku langsung jinjo karena selalu minta tolong, ha….ha…ha…! Syukurlah aku nggak kayak gitu, walaupun perlu juga sekali-sekali nerima perhatian dan pertolongan orang lain, biar merasakan kalo kita ini perlu orang lain juga.

2 komentar:

fanvin said...

Wah aku mesti banyak belajar ama cik ian nih, aku emang bisa nyetir, tapi kurang tangguh kalo menghadapi situasi gawat :)

Mariani Sutanto said...

Kalo aku sih pake aji kepepet, Ly. Dari Jessie kecil udah begitu, cuma kalo waktu kecil kan muntahnya nggak pake hoek...hoek..., tau-tau muntah. Kalo sekarang udah ada bunyinya, jadi tambah ngenes. Terus kapasitas orang kan laen-laen. Buat medan off road laen, buat jalan toll laen. Kamu masuk yang mana?