Jalan-jalan Pagi

Hari ini emang seru banget deh, soalnya perburuan dimulai. Jujur aja, aku seneng banget waktu ditemenin Lennot, abis ngeraba daerah baru, dan petunjuknya semi jelas. Ha...ha...ha..., maksudnya ada petunjuknya, tapi kagak ada kilometernya. Lagipula, petunjuknya cuman dua: makam sama bengkel! Kontan aja semua orang bingung waktu aku nanya di mana makam di jalan Imogiri sini. Kali mereka kira aku mau cari wangsit ya? Mana pagi-pagi lagi nanyanya. Kayaknya orang kalo ke makam agak siangan deh, bukan jam delapanan...:)

Abis sarapan di depot langganan kami, langsung deh cabut. Pertama sih lancar, masuk ke Jl. Sisingamangaraja. Teruu...s, mentok sampe ampir mau ke perempatan ringroad. Nah mulai binun, soalnya tuh makam nggak keliatan acan-acan.Padahal asumsiku makamnya mesti besar dan di pinggir jalan karena dijadikan landmark. Setelah tonya-tanya, akhirnya kita nembusin perempatan ringroad ke arah selatan Yogya. Betul deh, nggak lama kemudian keliatan makamnya. Lucunya, kami kira itu tempat membuat kijing/ cungkup makam, soalnya tempatnya bersih bener, kayak abis dipugar. Lalu, letak cungkup makamnya agak nggak biasa, ada yang dipagerin warna oranye n putih! Setelah tanya tukang tambal ban di dekat situ, sampe deh ke rumah sang pengrajin. Kayaknya dulu daerah situ mesti roboh terkena gempa, soalnya rumahnya juga masih diperbaiki. Tapi kondisinya udah lumayan bersih.

Hal menarik dalam perjalanan ke sana, selepas pertigaan di Jl. Sisingamangaraja, kiri kanan bertebaran toko kesenian. Dari handicraft sampe mebelair dari kayu pohon kelapa. Buset, tinggi-tinggi bener tuh pohon kelapa. Kira-kira dua meteran dari bonggol pohonnya. Heran juga, mau diapain bentuk mebel kayak gitu yak? Ada yang dibuat lemari pajang, tapi yang dibungkus dan siap dikirim itu bentuknya kayak botol tapi lehernya tinggi. Ada yang lagi proses pembuatan, jadi potongan pohon kelapa itu dibakar sampe warnanya jadi coklat kehitaman. Hm, menarik...menarik..., jadi pengen jalan-jalan ke sini kalo udah agak siangan, jadi bisa lihat isinya toko-toko kerajinan di sana. Sekalian ngajak Jessie, jadi ada wawasan baru buat dia.

Jalan-jalan pagi gini bagus buat ngerabuk jiwa, karena memberi nuansa yang berbeda dari keseharian.

2 komentar:

Lenny said...

kita ke jalan Bantul aja tuh yg dibilangin ama mbaknya yg di sana itu, kan katanya banyak handycraftnye :D

Mariani Sutanto said...

Ok deh, besok? Ha...ha...ha..., kalo jalan emang kagak ada duanya temen asyik kayak elo. Cheers.