Dilepas

Baru sekali ini aku nggak maksain Jessie belajar bahasa Jawa. Biasanya kan suka aku paksain supaya dia belajar, walau tertatih-tatih, tapi kelar gitu lhoh. Kali ini buat egoku aja ya, mentang-mentang dulu pernah les bahasa Jawa. Sebenernya aku udah protes waktu ortu dikumpulkan sekolah tentang pelajaran bahasa Jawa ini. Tapi dipikir-pikir kalo nih anak kagak belajar bahasa Jawa, nanti kayak ikan berenang di minyak, bukan di aer. Dengan laen kata, dia akan terasing dari lingkungannya. Cuma ya itu..., jatuh bangun belajarnya.

Sekali ini, bahannya bener-bener bikin kapok. Bayangin deh, suruh ngapalin yang namanya godhong alias daon bermacem-macem tumbuhan, terus kembangnya, terus nama pohonnya dalam bahasa Jawa. Abis gitu sekalian digeber suruh ngapalin nama-nama hewan dan anaknya. Kesian ngeliat dia berulang-ulang ngapalin kagak masuk-masuk. Pagi hari sebelum berangkat sekolah masih ngulang satu kali lagi. Tapi ngeliat dia berusaha dengan susah payah tapi kebalik-balik terus, akhirnya aku ngalah. Yang penting-penting aja yang aku minta dihapalin, yang laen dilepas aja.

Waktu didrop di pintu sekolah, aku cuma pesen begini, “Ok Jess, yang santai, yang tenang, asal bisa ngerjain aja.” Dia jawabnya begini, “Ya deh Mom. Kayak ulangan Mandarin kemaren kan? Buktinya kalo aku tenang malah bisa dapet 98, kalo tegang jadi susah nginget-ngingetnya.” Aku mantep deh ninggalin dia buat cari order dan bikin karya. Ha…ha…ha…, kalo dipikir-pikir malah lebih psikologis dia disbanding emaknye. Rada sakti juga sih tuh anak. Waktu ulangan mandarin itu juga sebenernya aku udah mau nyerah, tapi aku terusin pelan-pelan. Mana malemnya aku dan Jessie jalan-jalan sampe jam 10.30. Dia Cuma lupa satu karakter kecil dalam tulisan hanzi “ikan”. Fuih….

Biarin deh bahasa Jawa agak turun nilainya, untung cuma dijadiin ekskul, bukan mata pelajaran yang diberi nilai mati. Yang penting anakku nggak stress. Kalo stress karena dirinya sendiri maunya dapet 100 sih nggak apa-apa, tapi kalo stress karena emaknye mau dia dapet nilai bagus, jangan lah. Kecil-kecil koq udah tertekan, gimana nantinya kalo udah gedean dikit?

0 komentar: