Iga Sapi Bali

Beberapa minggu lalu misua diajak temen-temannya menyantap iga bakar. Kayaknya jenis makanan ini lagi popular di Yogya. Soalnya, waktu rapat Selasa malam kawan-kawan juga rame ngomongin iga bakar.


Penasaran juga, tapi inget sama janji terhadap diri sendiri supaya jangan sering-sering makan daging merah kayak sapi, kambing, dll. Jadi walaupun penasaran, teteup gak ngebet. Kemarin malam di rumah cuma masak nasi (ha…ha…ha…) sama goreng teri dan kacang tanah. Biasa…, mengingat masa kecil, yang susah makan dan doyannya cuman teri medan dan kacang tanah. Ternyata itu nurun tuh, anakku juga suka banget makan kemaren malem.


Begitu misua dating, koq ya langsung kepikir iga bakar. Pergilah kami ke sana. Agak di utara Yogya, tepatnya di Jl. Damai, deket resto Jimbaran. Begitu ada perempatan dan rumah bata di ujung gang, langsung belok kiri. Dari depan gang udah keliatan lampu-lampunya. Wah, kaget juga begitu baca plang namanya: Iga Sapi Bali pertama di dunia. Buset, koq selama ini gak pernah denger ya?


Menunya pedes-pedes. Supaya Jessie bisa ikut makan, iga bakarnya Cuma bakar kecap aja, gak pake bumbu racikan mereka. Begitu dating, langsung deh kebayang enaknya. Empuuukkk… banget dagingnya. Sampe minyak yang ada di dalamnya juga ikut meleleh. Tarikan keju di iklan Pizza Hut aja kalah deh ama ini. Kita belah-belah dulu tuh iga, supaya yang dalemnya bisa buat Jessie karena dia gak tahan pedes. Abis itu baru deh digerogotin tulang iganya. Gede banget tuh iga. Lha iya lah, kan iga sapi, mana ada iga sapi segede iga babi, he…he…he…, itu namanya ngewrinkle, ha...ha...ha....


Batal deh janji ama diri sendiri, abis iganya membuatku mana tahaan….! Kalo papi mamiku ke sini mau ajak mereka makan itu ah, pasti suka. Empuk, harum, tempatnya juga eksotis desa dan gak terlalu mahal.

0 komentar: