Don't Come Back

Minggu sore kemarin ada konser Indonesian Young Musician Performance 2007. Karena Jessie les di Amabile, dia dapet undangan gratis untuk tiga orang. Jadi pergilah kami berempat sama Joan.

Aku sibuk ngejelasin ke Jessie kalo nonton pagelaran musik klasik nggak bole rebut, nggak boleh mondar mandir, hati-hati dalam bertepuk tangan, nggak boleh cerita sendiri kalo ada yang maen alat musiknya. Lama-lama dia jengah juga, soalnya biasa nongkrong di komunitas tari yang bebas sebebas-bebasnya, he…he…he…

Pesertanya ada 38 orang. Dari 10 peserta yang tampil pertama, Jess and Joan keliatannya cukup menikmati. Tersu mulai dating bisikan, “Tante…Tante…, aku emang mau pipis, tapi bisa koq aku tahan.” Aku udah mulai deg-degan nih. Bener aja, pas duet piano sama biola, Joan bener-bener nggak tahan. Begitu abis lagunya, langsung tuh anak dua pada lari ke kamar mandi. Abis pipis, mereka lega lalu mulai nggak bisa diem. Tengok kiri tengok kanan, dadah-dadahan sama temennya yang kebetulan juga ikut tampil, bisik-bisik, dll. Terus aku nanya misua gimana kalo dengerin musik klasik, “Yah biasaa…., rada ngantuk dikit.” Lalu aku nego sama misua, soalnya anak-anak udah gak betah, apalagi juga udah pk 16.30. Cuma nggak langsung keluar, soalnya performance 11 bagus banget lagunya. Kalo yang begini aku demen nih. Klasiknya ada, nada pentatonisnya juga ada, jadi tuh lagu nggak asing-asing banget. Siapa lagi penciptanya kalo bukan Jaya Suprana? Akhirnya pas performance 12 selesai, kita ngaciiirrr….

Weh, kalo Jessie ting tang ting tung latihan begitu di rumah, jangan-jangan sahabat karibku yang namanya neuralgin bisa come back. Masak pusing-pusing saban denger anak ontang anting latihan? Padahal kalo klasik tuh musti latihan di rumah minimal dua jam, je. Menderita dong emaknye. Makanya Jessie dilesin piano pop aja, yang ketauan lagunya, yang bisa dinikmati. Siapa tau emaknye mau dengerin lagu kucing garong, kan dia bisa maenin? Terus koq aku sampe bela-belain dia ngeles di Sekolah Musik Amabile? Denger-denger sih itu sekolah musik yang bagus di Yogya. Yah, pertama-tama sih karena gurunya Jessie udah nggak bisa lagi ngelesin karena sibuk kuliah. Kedua, karena kalo bisa Jessie dapet dasar yang bagus, yang bisa ngeluarin bakatnya. Ketiga, supaya Jessie punya saluran emosi. Jadi kalo lagi sedih bisa maen piano untuk menghibur hatinya, atao bisa sekalian nyiptain lagu buat mengeluarkan perasaannya. Itu sih pertimbangan sederhanaku sebagai ibu. Aku bisa apa lagi kecuali menyediakan sarana yang terbaik buat dia? Maklum, orang campuran sanguine melan tuh musti punya pelampiasan yang sehat. Kalo nggak, bisa jadi kutu loncat atau jadi orang yang memandang dunia dengan kaca mata negatip mulu.

0 komentar: