Nonton Butet

Rasanya kayak kehausan di padang gurun terus dapet setetes air. Sejuk tenann. Begitu deh perasaanku waktu nonton monolognya Butet Kertaredjasa. Lakon Sariminnya sih buatku nyentil-nyentil nyegerin, cuma suasananya itu lhoo…


Idup dan tinggal di Yogya kayaknya belon lengkape kalo gak neyntuh ranah seninya. Sewaktu mahasiswa aku dan temen-temen kos paling seneng kalo hari kemerdekaan. Bukan sok patriotis sih, tapi memperingati kemerdekaannya itu yang sangat nyeni. Kita pada duduk di halaman gedung pusat, lalu temen-temen teater dan mahasiswa yang tergolong berani buka mulut pada manggung. Ato kalo UGM ngedatengin musisi jazz kawakan macem Bubi Chen. Wah, kalo itu aku bela-belain deh nonton, walopun aku dan Wanwan keluar dari kos udah malem banget, duduk di rumput, banyak nyamuk, sikat terus bleh!


Kegembiraan itu nyaris lenyap, sampe anak kami ternyata doyan berkesenian. Dia seneng nari dan otomatis kami juga ikutan ke komunitas tari. Lalu datanglah pentas monolognya Butet, jadilah kami juga masuk ke dalam komunitas teater yang ngerakyat. Gara-gara bapak ibunya nonton teater yang termasuk malem acaranya (mulai pk 20.00), dia ikutan deh. Aku yakin 1000% kalo dia nggak ngerti apa yang diketawain orang dari monolog itu, tapi dia bisa ngerasain suasana teater yang merakyat.


Kali ini aku nonton bukan sekeluarga aja, alias tiga orang, tapi sama temen-temen terkasih. Nggak nyangka juga mereka pada demen nonton yang merakyat kayak begini. Nggak adalah AC ato nomor kursi di Purna Budaya. Tadinya juga pengen nonton yang lesehan, secara lebih ekonomis gitchu…! Tapi udah ludess, jadi kita ambil yang di tribun. Terus waktu nunggu di depan pintu masuk juga para calon penonton seenaknya aja ngerokok. Yah, begini ini kondisi rakyat.


Singkat kata, seru deh nonton kali ini. Saking serunya, jadi laper lagi. Abis nganterin temen-temen maunya ke lesehan Bang Ucok, tapi udah pk 22.30, kejauhan lagee… ke depannya hotel Garuda. Nongkronglah kami di warung tenda depannya ruko sanggar tarinya Jessie. Nyam…nyam…nyammm, jiwa senang, perut kenyang, langsung zzzz.

0 komentar: