Pindah Tuan

Aku inget sekali waktu kecil pernah ditanya Papa, “Buat apa sih kamu beliin buku-buku kayak begitu? Kan enakan minjem di perpustakaan terus uang jajannya bisa untuk beli yang laen.” Tau nggak jawabku waktu itu. Nggak make sense banget kalo diliat dari sekarang, “Kan nanti buat dibaca anak-anakku?” Papa hanya bisa mengggeleng-gelengkan kepalanya. Dan menyisihkan uang jajan untuk dibelikan buku terus berlanjut hingga aku SMA. Tiap hari Sabtu, waktu uang jajanku udah cukup banyak terkumpul, aku pasti pergi ke Gramedia. Di sana aku beli buku-bukunya Laura, Enid Blyton dan seri Berburu.


Saat ini aku sedang memberlakukan rule untuk tidak membeli buku. Maksudku biar Jessie terpancing menulis karena udah nggak ada lagi yang bisa dibaca. Tapi ternyata lain. Buku-bukunya dibaca ulang, nulisnya mah nggak.


Libur lebaran kemarin kami pulang ke Kediri. Dia nggak punya buku untuk dibaca. Langsung dia nyari-nyari di lemari bukuku. Ketemu deh, buku-buku yang puluhan taon lalu aku kumpulin “untuk dibaca anak-anakku”, he…he…he….! Langsung jadi santapan hariannya. Dia tertarik sama seri Si Badung. Alhasil selama liburan itu hampir habis dibacanya satu buku itu.


Sesudah sampai di Yogya, dia teringat kalo Si Badung itu banyak serinya. Akhirnya setiap kali emanya telepon Jessie selalu minta dikirimin buku-buku seri Si Badung. Sampe pusing Mama kalo ditanyain kapan ngirimin seri Si Badung. Jadilah Mama kirimin semua buku-bukuku itu, supaya nggak bolak balik ditagih cucunya yang doyan baca ini.


Akhirnya buku-bukuku pindah tuan deh. Tuannya yang sekarang masih kecil. Kadang-kadang ada kata yang asing baginya, kayak penganan, dll bahasa jadul gituan. Lumayan juga buat nambah kosa katanya. Dulu aku baca buku-buku itu waktu aku SMP, sekarang Jessie baca buku-buku itu waktu umur 7 tahun. Kebayang kan majunya zaman sekarang?

0 komentar: