Mendadak Olahraga

Beberapa waktu lalu ada seorang temanku yang terhinggap gejala-gejala yang ‘melumpuhkan’ dia. Tiba-tiba aja badannya panas dingin, menggigil nggak karu-karuan. Lain kali pusing sampe nggak bisa bangun. Karena kondisi badan memprihatinkan, padahal kerjaan rumah juga menumpuk, langsung dia check up menyeluruh.

Hasil check up itu positif, artinya nggak ada kerusakan di organ-organ dalam yang vital bagi kelangsungan hidup. Ginjal ok, jantung ok, hepar ok, semua ok. Cuman dokternya yang mengatakan bahwa gejala-gejala yang dialami kawanku itu seperti gejala-gejala orang yang mau menopause. Dia kaget luar biasa karena usianya baru 37 tahun, biasanya menopause kan sekitar usia 50 tahun. Jadi, tubuh yang panas dingin itu pengaruh perubahan hormonal. Dokternya menyarankan dua hal yaitu olahraga dan jangan sering-sering jajan.

Nah, saran dokter itu suka juga aku langgar, terutama yang olahraga. Kayaknya udah nggak ada waktu buat olahraga. Waktu Jessie bayi sampai kira-kira dia umur 1,5 tahun aku masih bisa ngikutin program senam pagi-pagi di ANTV. Dari sejak tiu sampai sekarang, kadang-kadang aja aku renang. Selebihnya olahraga mulut, alias makan n ngomel, ha….ha…ha…! Syukurlah, minggu lalu dibuka kelas tari untuk ibu-ibu. Aku langsung daftar, langsung seneng dan gembira. Jadi, abis kelasnya Jessie, kelasnya ibu-ibu.

Kayaknya gampang, enteng dan cuman gerak-gerak ikutin irama gamelan. Jebule angele pol! Menurut salah satu penari, menari justru olahraga yang lebih berat dari aerobic. Walopun gerakanku juga nggak serius-serius amat, tapi kagok banget disuruh berjalan mendhak. Lhah, biasanya jalan aja udah kayak orang lari, koq ini jalan harus kemayu, lenggak-lenggok. Alhasil isinya kelas itu banyak ketawanya, susah sih gerakannya. Tapi kalo aku pikir-pikir, mungkin yang bikin gerakanku jadi susah itu karena aku belum los. Tari itu kan dari jawa timuran, jadi gerakannya rancak dan banyak megal-megolnya. Nah, aku belon bisa tuh megal-megolnya, he….he…he…

Bener lho, keringetan sampe kaosku basah. Belon lagi, akrena aku udah lama nggak gerak badan, besoknya kakiku sakit buat jalan. Nyetir sambil nyengar-nyengir nahan sakit di paha. Tapi, udah terbuka satu jalan untuk olahraga.

Saran dokter kawanku yang kedua itu yang harus aku siasati lagi, karena masak tiap hari gitu bisa repot. Paling dalam seminggu aku masak sekali dulu. Baru lama-lama masak lebih sering. Yang aku usahakan selalu ada tiap hari itu buah dan air kacang ijo. Pelan-pelan aku mau atur lagi waktunya.

3 komentar:

fanvin said...

Wah ini bener2 kreatip, kalo dah luwes jadinya bisa manggung dong cik :). Jgn lupa ngundang2 kalo mau pentas.

Anonymous said...

ayo tetep bersemangat narinya,siapa tau bisa manggung bareng Jessie hehehe

Mariani Sutanto said...

Buat Lily en Mami Odi,

Pasti aku undang kalo sampe bisa pentas, wong jalan aja masih diajarin Jessie sampe yg ngajarin bosen, abis muridnya gak bisa-bisa, ha...ha...ha...